Masalah Pengunaan “Decimal Symbol” pada Pengolahan Nilai US dan UN SD/MI/SDLB

Hari Rabu Siang Tgl 13 April 2011 saat saya lagi asyik memantau proses Ujian Online Mahasiswa saya melalui http://elearning.unm.ac.id di Kantor ICT Center UNM, tiba-tiba datang 3 orang Guru dari Kabupaten Gowa untuk mendiskusikan masalah  pada file Format Pengolahan Nilai Ujian Sekolah (US)  dan Ujian Nasional (UN) menggunakan exel, yang diperoleh dari kantor dinasnya. Intinya mereka kebingungan karena saat mereka mengisi nilai dan memprosesnya berdasarkan rumus yang telah terpasang, yang muncul adalah nilai desimal dengan tanda titik (.) bukan koma (,).  Sementara itu mereka sudah harus segera menyetorkan nilai muridnya yang akan mengikuti US dan UN. Format Pengolahan Nilai US dan UN SD/MI/SDLB Tahun 2010 dapat didownload disini FORMAT Pengolahan Nilai US dan UN SD/MI/SDLB.

Solusinya sebenarnya sederhana (Guru tersebut Laptopnya pakai SO Windows XP), yakni:

  1. Klik Start -Control Panel – Regional and Language Options
  2. Pada Bagian Regional Options, Klik Customize
  3. Pada Bagian “Decimal Symbol” Ubah Tanda Titik (.) yang kebetulan lagi tersetting seperti itu di komputernya menjadi Tanda Koma (,).
  4. Klik OK, maka masalah sudah teratasi.

Mungkin ini memang terasa sangat mudah, tapi bagi kebanyakan Guru/Kepala Sekolah SD sakarang, saya yakin masih banyak yang belum tau cara mengatasinya. Karena yang mereka terima hanya File Format Penilaian tersebut dan tidak ada panduan jika terjadi situasi seperti diatas.

Dari temuan permasalahan diatas, saya lalu berfikir bahwa kadang kala memang kita dalam memberikan pekerjaan kepada orang lain entah itu kepada bawahan, murid/mahasiswa, dll, bahwa masalah sederhana seperti itu pasti mereka bisa atasi sendiri. Nyatanya masalah tetap timbul. Ini menjadi perhatian kita bahwa menyertakan panduan lengkap tetap harus diperlukan untuk memastikan sekecil apapun masalah itu tidak akan  pernah terjadi karena panduannya sudah ada.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *