Teknologi Komputer Multimedia

Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Jizba, 2003:1). Selain itu definisi multimedia menurut sumber lain adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Wikipedia, 2007).

Pengertian lain dari multimedia; yaitu dengan menempatkannya dalam konteks seperti yang dilakukan oleh (Hofstetter, 2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan user. Kedua, harus ada link yang menghubungkan user dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu user menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada user untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide user sendiri

Komputer Multimedia atau yang biasa disebut dengan MPC (Multimedia Personal Computer) merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia. Sesuai dengan namanya, multimedia, sistem komputer tersebut harus mampu mengontrol pemakaian dari beberapa media sehingga memenuhi kriteria penyajian tampilan gambar dan suara yang memadai.

Standar MPC pertama meliputi peralatan CD-ROM dengan kemampuan audio, digital audio, midi synthesizer, dan VGA (Virtual Graphics Array). Adapun konsorsium pembentuk standar MPC tersebut ialah Microsoft Corp, Philips, Tandy, dan Zenith. Pada Personal Computer, standar tersebut berupa IBM PS2 dengan Microsoft Windows 3.1. Pada Apple Computer, standar tersebut berupa MacIntosh dengan Quick Time.

Dengan adanya teknologi komputer multimedia, akses suatu referensi melalui CD-ROM menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu contohnya, ialah ensiklopedia yang disimpan pada media CD-ROM dari Grolier Encyclopedia yang diperkenalkan pada tahun 1993. Microsoft Corp juga mengeluarkan ensiklopedi dan referensi informasi yang bernama Microsoft Encarta dan Microsoft Bookshelf pada tahun 1996.

Salah satu contoh sistem komputer multimedia pertama, yaitu Tandy 4033LX. Pada sistem komputer berprosesor 80386 – 33MHz tersebut terdapat Tandy CD ROM, Creative Labs SoundBlaster Pro, 4MB RAM (Random Access Memory), Fixed disk berkapasitas 100 MB, dengan Paradise VGA dengan memori 512 KB. Standar MPC pertama diperbaharui dengan standar MPC 2 yang dibentuk oleh konsorsium dari perusahaan indutri komputer. Adapun standar MPC 2 berupa sistem komputer dengan prosesor 80484SX-25, 8 MB RAM, VGA (card dan monitor), CD-ROM berkecepatan 2x (2 x 150 KB/s).

Pada saat ini, standar MPC telah berubah. Ini disebabkan begitu banyaknya teknologi baru yang muncul setelah standar MPC 2 diperkenalkan. Pada saat ini, sistem komputer yang berdiri sendiri (standalone PC) telah mampu berkomunikasi ke dunia luar melalui jaringan Internet. Demikian pula pada teknologi komputer saat ini yang telah meningkat jauh dalam kecepatan prosesnya. Dengan adanya sistem komputer multimedia, perkembangan dunia pendidikan dan hiburan menjadi lebih maju. Dengan komputer multimedia, belajar dapat lebih menyenangkan karena dapat dikemas dalam bentuk hiburan. misalnya saja pejelasan anatomi tubuh, ketrampilan olahraga atau cara belajar komputer maupun matematika. Dengan menambahkan VHX (Video Highway Xtreme) card, komputer multimedia dapat memberikan fasilitas akses siaran radio dan televisi sehingga komputer dapat menjadi sumber informasi baru yang dapat dinikmati sambil bekerja

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *