Mobil Terbang Komersial Pertama Di Dunia, mungkinkah ini cara lain mengatasi kemacetan?

Mobil Terbang Putih Biru Tahun 2012 bakal menjadi awal dimulainya teknologi mobil terbang. Terrafugia, produsen otomotif asal Amerika Serikat, menyatakan siap untuk memasarkan mobil terbang yang diberi nama Transition ke seluruh dunia. Terrafugia yang dalam bahasa latin berarti “kabur dari daratan” sudah mencapai persiapan akhir untuk memulai proses komersialisasi mobil terbang mereka.

Mobil canggih yang dirancang untuk dua penumpang ini akan menjadi mobil terbang komersial pertama di dunia. Setelah Amerika Serikat, mobil terbang ini rencananya akan dipasarkan di Eropa, India, Brazil, dan China. Meski belum resmi dipasarkan, Transition sudah dipesan oleh 100 orang dengan harga per unit US$ 279.000 atau sekitar Rp2,4 miliar.

Mobil Terbang Merah

Transition dilengkapi baling-baling di bagian belakang dan sayap di kedua sisi badan mobil. Desainnya yang unik dan ramping membuat mobil ini tetap bisa masuk ke garasi rumah.

Mobil Terbang Putih

Untuk mengubahnya dari mobil menjadi pesawat ringan, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Tenaga pendorongnya berasal dari mesin bensin biasa yang bisa diisi di SPBU biasa pula. Transition memiliki kecepatan maksimal hingga 185 km/jam, dengan konsumsi BBM 18,9 km/liter.

Mobil Terbang Konten

Tes terbang perdana Transition dilakukan pada pada Maret 2009 dan berjalan sesuai rencana. Terrafugia telah mendapatkan izin dari National Highway Traffic Safety Administration agar mobilnya bisa terbang di udara dari jalanan Amerika pada bulan Juli 2011.

Tulisan di atas saya baca dari kolompemuda.com. Saya kira penemuan teknologi di atas adalah cara lain mengatasi kemacetan di jalan raya. Tapi tentu saja harus dibarengi regulasi yang ketat dalam hal aturan lalu-lintas, terutama di negara kita tercinta ini. Saya lalu ingat waktu saya kuliah di UGM Tahun 1999. Waktu itu, Dosen saya memberikan Majalah yang membahas “Ramalan Teknologi Masa Depan” untuk didiskusikan. Dalam majalah itu dibahas bahwa Teknologi yang akan melampaui ramalan adalah teknologi internet, sedangkan teknologi yang sulit dicapai karena alasan bisnis dan keamanan (termasuk keamanan lalu-lintas udara) adalah teknologi mobil jet terbang. Nah, mari kita lihat ke depan apakah teknologi ini akan berjaya? terutama di negara yang masih sulit disiplin/tertib.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *