Kenapa Antioksidan Penting

Posted by: amunisa  :  Category: Artikel

Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah terbentuknya radikal bebas. Anti oksidan tersedia dalam tubuh kita berupa enzim katalase, SOD, dan glutation peroksidase. Namun antioksidan kita dapat konsumsi dari luar tubuh kita berupa vitamin C dan E.

Kebutuhan akan asupan antioksidan dari luar tubuh bila keberadaan radikal bebas yang sangat tinggi dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan ketidak keseimbangan antara antioksidan yang tersedia dalam tubuh dengan keberadaan radikal bebas. Bial hal tersebut terjadi dapat menyebabkan pro-oksidan dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif yairu stroke, jantung koroner, diabetes, aterosklerosis dan lainnya.

Penyakit tersebut dapat diatasi dengan penambahan asupan antioksidan dari luar. Asupan antioksidan dapat kita peroleh dari berbagai jenis teh-tehan, buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E, rempah-rempahan seperti jahe, cengkeh, bawang putih dan lainnya. untuk berbagai jenis rempah-rempahan yang kaya akan antioksidan adalah jenis rempah-rempahan yang kaya akan senyawa fenol yang
bertanggunga jawab sebagai senyawa antioksidan.

Comments are closed.