KURIKULUM

KURIKULUM PROGRAM STUDI

Landasan Penyusunan Kurikulum

Sebagai landasan dalam penyusunan Kurikulum Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.: 232/U/2000 tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa serta Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.: 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Selain itu penyusunan kurikulum juga didasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berbasis kebutuhan stakeholder terutama pada industri produk dan jasa, tanpa mengabaikan tujuan dan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Negeri Makassar yang menaunginya. Oleh karena itu, lulusan diarahkan untuk memiliki kompetensi akademik dan kompetensi profesional (Desainer) di bidang Ilmu Desain Komunikasi Visual dengan gelar Sarjana Desain (S.Ds).

Selain itu, acuan lain digunakan adalah hasil pertemuan Ilmiah Organisasi Kesenian Perguruan Tinggi, antara lain:

  1. Kongres Kesenian Indonesia di Jakarta tahun 2006
  2. Program Pendidikan Jurusan Seni Rupa  pada PTN ternama seperti:  ITB Bandung, ISI Yogyakarta dan STSI Solo).
  3. Hasil pertemuan rutin 3 tahunan Forum FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) Perguruan Tinggi eks. Kependidikan se Indonesia.
  4. Pola Ilmiah Pokok (PIP) UNM.
  5. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Universitas Tri Sakti Jakarta.
  6. Kerjasama dengan Pemda/Pemkot yang terkait.

Kualifikasi Kompetensi Lulusan

Dalam penentuan kompetensi lulusan yang diharapkan dapat dikaji ke dalam unsur yaitu kompetensi pokok, kelompok profesi, fungsi pokok dan kualifikasi jabatan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 2.1

Kualifikasi Kompetensi Lulusan

Kompetensi Pokok Kelompok Profesi Fungsi Pokok Kualifikasi Jabatan
  • Memiliki wawasan serta menguasai konsep dan teori-teori desain komunikasi visual.
  • Memiliki keterampilan sebagai praktisi desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan dan siaga menghadapi perkembangan dunia industri komunikasi visual yang terus mengalami perubahan trend dan kemajuan teknologi.
  • Memiliki kepekaan dan ketajaman intelektual dalam menganalisis tantangan dunia industri dikaitkan dengan perkembangan desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan menganalisis, merencanakan dan implementasi pekerjaan profesional komunikasi visual dengan ketajaman dan keluasan wawasan teoretik berbagai disiplin ilmu bantu seperti: pemasaran, komunikasi, psikologi persepsi.
  • Visualizer
  • Computer Graphic         Artist
  • Associate Creative
  • Art Director
  • Creative Director
  • Graphic Designer
  • Illustrator
  • Web Designer
  • Animator
  • Art Designer
  • Computer Illustrator
  • Instrukture
  • Menganalisis perilaku konsumen dan pencitraan yang dihadapi klien.
  • Merancang secara kreatif  kebutuhan bentuk desain komunikasi visual (identitas, persuasi atau informasi).
  • Mengimplementasi-kan konsep kreatif  desain komunikasi visual secara komprehensif.
  • Menganalisis aspek teknologi dan ekonomi produksi desain.
  • Berperan aktif dalam memantau efektivitas dan efisiensi  hasil desain komunikasi komunikasi visual.
  • Pengetahuan dasar-dasar komunikasi, prinsip dan metoda desain, riset dan berpikr kreatif.
  • Keterampilan presentasi bahasa Indonesian, bahasa Inggris, komunikasi bisnis, manajemen dan kewirausahaan.
  • Sikap profesional menyangkut imtak, kejujuran, penghargaan terhadap waktu, antusiasme serta hubungan antar probadi yang baik dalam kerja tim.
  • Idealisme untuk meningkatkan kemampuan bersaing bangsa dalam bidan komunikasi pemasaran, pengembangan produk dan merek serta komunikasi visual secara umum.

2.3 Kompetensi Lulusan Prodi DKV

Gambaran kemampuan dan subtansi kajian sesuai kompetensi lulusan yang dijabarkan baik kompetensi utama, kompetensi pendukung maupun kompetensi lainnya dalam bentuk matriks berikut.

Tabel 2.2

Kompetensi Lulusan Prodi Desain Komunikasi Visual

K O M P E T E N S I
Elemen Kompetensi Utama Pendukung Lainnya
Subtansi Kajian
Penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi untuk kemajuan individu dan masyarakat dalam menghadapi dinamisasi perubahan iptek dan dunia usaha terutama untuk menghadapi era persaingan global
  • Menghasilkan Sarjana Desain Komunikasi Visual yang memiliki pengetahuan dan keterampilan agar siap bekerja dan atau membuka usaha dalam bidang dasain komunikasi visual.
  • Menghasilkan Sarjana Desain Komunikasi Visual yang berintegritas tinggi dalam membangun bangsa dalam lingkup kawasan keilmuannya yang diakui secara nasional maupun internasional.
  • Menghasilkan Sarjana Desain Komunikasi Visual yang memahami teknik, konsep dan pengembanganny.
  • Menghasilkan Sarjana Desain Komuniksi Visual yang menguasai metode dan teknis komunikasi visual dalam tatanan teoritis dan praktis.
  • Menghasilkan Sarjana Desain Komunikasi Visual yang mampu memanfaatkan peluang kerja dan bisnis di bidang Desain Komunikasi Visual.
Kurikulum
Penguasaan Pengembangan Kepribadian (MPK)
  • Memahami falsafah negara sebagai dasar berkehidupan dan bermasyarakat.
  • Memahami wawasan kebangsaan dan bela negara, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  • Memahami norma-norma yang berlaku di masyarakat serta kaidah-kaidah keilmuan secara hakiki.
  • Memahami ajaran agama sesuai dengan keyakinannya.
  • Memahami dan melaksanakan fungsi sebagai warga negara, warga masyarakat dan civitas akademika.
  • Mempunyai integritas dan kepribadian yang baik
  • Mampu bekerja secar individu maupun team work
  • Mampu menangkap peluang usaha.
Penguasaan Ilmu dan Keterampilan (MKK)
  • Memahami ilmu-ilmu yang mendasari pemahaman kajian disiplin Desain Komunikasi Visual.
  • Memahami ilmu-ilmu yang menjadi landasan perkembangan seni/budaya dan komunikasi.
  • Mampu mengembangkan ilmu Desain Komunikasi Visual.
  • Mampu mengembangkan profesi/keahlian praktis Desain Komunikasi Visual sesuai dengan seni dan budaya yang ada.
  • Mampu menjadikan sektor Deain Komunikasi Visual sebagai pendukung kemajuan bangsa dan negara.
  • Mampu mengembangkan ilmu Desain Komunikasi Visualsepadan dengan perkembangan disiplin ilmu lainnya.
Penguasaan Keahlian (MKB)
  • Memahami dan menguasai operasi teknis dalam bidang Desain Komunikasi Visual.
  • Memahami dan menguasai teknologi informasi sebagai sarana untuk berkarya dalam bidang Desain Komunikasi Visual
  • Mampu merancang media komunikasi secara visual.
  • Menguasai metodologi yang digunakan untuk tujuan perancangan komunikasi visual.
  • Mampu berfikir dan bertindak ilmiah untuk kemudian menganalisisnya.
  • Menguasai dasar-dasar perilaku konsumen dan pemasaran
  • Memahami dan menguasai perkembangan teknologi yang digunakan untuk kepentingan Desain Komunikasi Visual.
  • Mampu menerapkan keahliannya sesuai dengan perkembangan iptek.
Penguasaan Perilaku Berkarya (MPB)
  • Mampu menganalisis permasalahan berdasarkan fakta secara emperik.
  • Mampu menganalisis dari segi ekonomis suatu perancangan media komunikasi.
  • Mampu membuat media komunikasi secara tertulis untuk kepentingan perancangan komunikasi
  • Mampu mengkomuni-kasikan ide dan kreasi dalam perancangan komunikasi visual kepada orang lain.
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan dan kemandirian dalam pengembangan diri sebagai ahli Desain Komunikasi Visual.
  • Memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang Desain Komunikasi Visual.

2.4 Kurikulum dan Proses Pembelajarannya

Kurikulum disusun dari matakuliah-matakuliah berdasarkan kelompok kompetensi lulusan yang diinginkan pada Prodi Desain Komunikasi Visual. Proses pembelajarannya akan dilaksanakan atas dasar sifat-sifat dan sasaran capaian yang diharapkan pada masing-masing matakuliah.

Tabel 2.3

Struktur Matakuliah Prodi Desain Komunikasi Visual

Kelompok KOMPETENSI Nama Mata Kuliah SKS proses  pembelajaran )*
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) a. Pendidikan Agama

- Pendidikan Agama Islam

- Pendidikan Agama Protestan

- Pendidikan Agama Katolik

- Pendidikan Agama Hindu

2 A
b. Bahasa Indonesia 2 A
c. Bahasa Inggris 2 A
d. Pendidikan Pancasila 2 A
e. Pendidikan Kewarganegaraan 2 A
Jumlah = 10
Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) a. Ilmu Komunikasi 2 A
b. Sejarah Seni Rupa Indonesia 2 A
c. Sejarah Desain Grafis 2 A
d. Filsafat Seni 2 A
e. Nirmana I (Desain Dasar Dwimatra) 3 A,B
f.  Nirmana II (Desain Dasar Trimatra) 3 A,B
g. Menggambar I (Gambar Bentuk) 3 A,B
h. Menggambar II (Gambar Teknik) 3 A,B
i.  Menggambar III (Gambar Ekspresif) 3 A,B
j.  Ilustrasi I 3 A,B
k. Ilustrasi II 3 A,B
l.  Fotografi I 3 A,B,C