AKTUALISASI SIPAKATAU, SIPAKALEBBI DAN SIPAKAINGE’ MANUSIA BUGIS – MAKASSAR MENJAWAB TANTANGAN PERADABAN

Abstrak

Kita tidak akan mungkin mengelak dari arus globalisasi yang semakin merunutkan turunan-turunan percepatanya, sebagai konsekuensi dari posisinya yang mengglogal itu dan konsekuensi zaman globalisasi. Globalisasi dan modernisasi pasti terjadi, dan tidak terelakkan. Era globalisasi yang diboncengi neoliberalisme dan modernisasi melaju diiringi pesatnya revolusi IPTEK. Dunia tanpa batas yang menganut aliran kebebasan, kebebasan berkreatifitas, kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi. Daya serap masyarakat terhadap budaya global lebih cepat dibanding daya serap budaya lokal. Arus globalisasi tidaklah menjadi faktor tunggal penyebab degradasi moral dan degradasi budaya yang terjadi pada budaya Bugis-Makassar akhir-akhir ini. Faktor-faktor yang penyebabnya tidak tampil dalam kehidupan sehari-hari namun terjadi begitu saja.

Realitas hidup yang terjadi pada pola kehidupan pada masyarakat Bugis-Makassar tentu sangat memungkinkan terjadi. Hal ini dilatari oleh latar ciri budaya Bugis-Makassar yang tergolong kedalam tipe masyarakat terbuka dan terdiri dari entitas-entitas dinamis yang senantiasa tanggap terhadap dinamika perubahan gerak peradaban.

Permasalahan utama yang akan ditimbulkan adalah ketika euforia peradaban hanya menjadi milik segelintir saja, sedangkan yang lainnya tenggela dalam laju gerak peradaban. Sehingga secara tidak langsung menjadi tanda matinya nilai-nilai kearifan lokal leluhur Bugis-Makassar. Redupnya semangat Assimelereng yang dijabarkan melalui falsafah ”Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge”.

Upaya menghadapi tantangan gerak peradaban tersebut tentunya sedari dini dapat digerakkan dengan menggunakan nilai-nilai karifan lokal sebagai filter dan sistem gerak dinamisasi sesama manusia Bugis-Makassar. Reposisi dan revitalisasi semangat ’Sipakatau’, ’Sipakalebbi’ dan ’Sipakainge’’.

Kata kunci: Aktualisasi, Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’ dan era-globalisasi.

Sumber Dokumentasi: http://2.bp.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Spam Protection by WP-SpamFree