WAJAH RUANG MEDIA PERIKLANAN DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus : Perletakan Iklan Luar Ruang Berbayar di Kota Makassar)

WAJAH RUANG MEDIA PERIKLANAN DI KOTA MAKASSAR

Studi Kasus : Perletakan Iklan Luar Ruang Berbayar di Kota Makassar

Abstrak

Ekspektasi Kota Makassar sebagai ‘Kota Dunia’ dalam tag-line yang terbangun tentu berkait erat dengan sistem penataan perwajahan kota. Berbagai permasalahan dalam pewajahan kota terkait sistim perancangan wilayah kota yang tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), pengelompokan aktivitas wilayah hingga urban design environtment secara detail haruslah terencana dengan baik. Salah satu unsur dalam urban design environtment tersebut yang dinilai bermasalah adalah pengaturan dan perletakan bill-board atau papan reklame serta aplikasi promosi bisnis lainnya yang dikenal dengan istilah Round-Tagging.

Melalui visualisasi yang terdokumentasi akan diulas perwajahan kota Makassar yang sesungguhnya beberapa tahun kebelakang ini beserta fenomena yang melatarinya.

Dari kajian ini dihasilkan temuan kesimpulan berupa latar belakang fenomena penempatan bill-board dan round-tagging adalah sebagai berikut: [1] Tidak ditemukan adanya perencanaan penentuan spot iklan luar ruang berbayar yang ideal, [2] Penempatan spot ruang iklan luar berbayar secara serampangan disebabkan tidak adanya peraturan khusus yang mengatur tentang hal itu sehingga pengiklan secara bebas menempatkan iklan luar ruang mereka sesuai kehendak mereka, serta tumbuhnya iklan luar ruang liar yang lebih memiliki dampak kerusakan parah terhadap perajahan kota [3] Akibat dari penempatan secara serampangan tersebut berdampak pada terganggunya berbagai fungsi instrumen kota berupa lampu pengatur lalu lintas, rambu-rambu dan marka jalan, serta mengorbankan fungsi pohon atau tanaman hidup sebagai paru-paru kota.

Kata kunci: Wajah Kota Makassar, Iklan Luar Ruang, Bill-board & Round-Tagging

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Spam Protection by WP-SpamFree