SEJARAH LOGO

Sumber Wikipedia

Sebuah logo adalah grafis tanda atau lambang yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial, organisasi dan bahkan individu untuk membantu dan mempromosikan pengakuan publik instan. Logo yang baik murni grafis (simbol / ikon) atau terdiri dari nama organisasi (sebuah logotype atau wordmark).

Pada hari-hari typesetting logam panaslogotype adalah unik menetapkan dan mengatur jenis huruf atau kolofon . Pada tingkat komunikasi massa dan dalam pemakaian umum logo perusahaan saat ini sering identik dengan perusahaan dagang atau merek[1]

Isi

[hide]

Sejarah

Sejumlah penemuan dan teknik telah memberi kontribusi pada logo kontemporer, termasuk segel silinder (c.2300 SM), koin (c.600 SM), [2] [3] trans-budaya difusi dari logographic bahasa, lambang[4] watermark[5] keunggulan perak dan pengembangan teknologi pencetakan .

Sebagai revolusi industri dikonversi masyarakat Barat dari agraris ke industri pada abad ke-18 dan ke-19, fotografi dan litografi berkontribusi ledakan industri periklanan yang terintegrasi tipografi dan citra bersama-sama pada halaman. [6] Bersamaan, tipografi itu sendiri mengalami revolusi bentuk dan ekspresi yang berkembang di luar, sederhana serif tipografi yang digunakan dalam buku-buku, untuk berani, tipografi hias digunakan pada broadsheetposter[7]

Seni yang berkembang dalam tujuan-dari ekspresi dan dekorasi yang bersifat, bercerita artistik, dengan diferensiasi merek dan produk yang kelas menengah tumbuh yang mengkonsumsi. Konsultan dan perdagangan-kelompok dalam seni komersial tumbuh dan mengorganisir, oleh 1890 AS telah 700 perusahaan pencetakan litograf mempekerjakan lebih dari 8.000 orang. [8] kredit Artistik cenderung ditugaskan kepada perusahaan litograf, yang bertentangan dengan seniman individu.

Sebuah koin dari awal abad ke-6 SMLydia bantalan kepala singa yang mengaum dengan sinar matahari

Inovator dalam seni visual dan litograf proses seperti perusahaan percetakan Rouchon Perancis di tahun 1840-an, Joseph Morse of New York di tahun 1850-an, Frederick Walker dari Inggris pada 1870-an, dan Jules Cheret Perancis dalam gaya 1870-mengembangkan sebuah ilustrasi yang melampaui tonal, seni representasional ke citra figuratif dengan bagian terang, warna datar. [8] buku anak-anak Playful itu, surat kabar berwibawa, dan majalah percakapan mengembangkan gaya mereka sendiri visual dan editorial untuk yang unik, penonton berkembang. Sebagai biaya cetak menurun, angka melek huruf meningkat, dan gaya visual yang berubah, seni dekoratif Victoria mengarah pada perluasan gaya tipografi dan metode mewakili bisnis. [9]

Logo Pertama untuk menjadi merek dagang adalah Bass merah segitiga pada 1876

Para Seni dan Kerajinan Gerakan dari akhir abad ke-19, sebagian sebagai tanggapan terhadap ekses dari tipografi Victoria, bertujuan untuk mengembalikan rasa jujur ​​pengerjaan dengan massa-barang yang diproduksi pada zaman tersebut. [10] Sebuah pembaruan dalam pengerjaan dan kualitas juga menyediakan para seniman dan perusahaan dengan kepentingan yang lebih besar dalam bentuk kredit, menyebabkan penciptaan logo yang unik dan tanda.

Pada tahun 1950, Modernisme telah menumpahkan akarnya sebagai gerakan avant-garde artistik di Eropa untuk menjadi gerakan internasional dikomersialkan dengan penganut di Amerika Serikat dan di tempat lain. Kesederhanaan visual dan kejelasan konseptual yang menjadi keunggulan dari Modernisme sebagai gerakan artistik membentuk toolset yang kuat untuk generasi baru desainer grafis yang terkandung logo Ludwig Mies van der Rohe diktum ‘s, “Kurang lebih.” Modernis-terinspirasi logo terbukti sukses di era komunikasi visual massa diantar oleh televisi, perbaikan dalam teknologi pencetakan, dan inovasi digital.

Logos hari

Era saat ini desain logo dimulai pada 1870-an dengan logo abstrak pertama, Bass merah segitiga. Saat ini terdapat banyak perusahaan, produk, merek, jasa, lembaga dan badan lain yang menggunakan ideogram (tanda, ikon) atau emblem (lambang) atau kombinasi dari tanda dan lambang sebagai logo. Akibatnya, hanya beberapa dari ribuan orang melihat ideogram diakui tanpa nama. Sebuah logo yang efektif dapat terdiri dari kedua sebuah ideogram dan nama perusahaan (logotype) untuk menekankan nama di atas grafik, dan menggunakan desain yang unik melalui penggunaan huruf, warna, dan elemen grafis tambahan.

Logo Coca-Cola dapat diidentifikasi dalam bahasa lain, di sini ditulis dalam Cyrillic .

Ideogram dan simbol mungkin lebih efektif daripada nama tertulis (Logo tipe), terutama untuk logo diterjemahkan ke dalam banyak huruf di pasar semakin mengglobal. Misalnya, nama dalam bahasa Arabakan sangat membantu sedikit di pasar Eropa yang paling. Sebaliknya, ideogram menjaga sifat kepemilikan umum produk di kedua pasar. Dalam non-profit daerah, Palang Merah (yang berjalan dengan Bulan Sabit Merah di negara-negara muslim) adalah contoh dari sebuah lambang yang sangat terkenal yang tidak memerlukan nama tersebut. Branding bertujuan untuk memfasilitasi lintas bahasa marketing. The Coca-Colalogo dapat diidentifikasi dalam bahasa apapun karena warna standar dan terkenal “gelombang pita” desain.

Desain Logo

Desain Logo merupakan area yang penting dari desain grafis , dan salah satu yang paling sulit untuk menyempurnakan. Logo (ideogram), adalah gambar mewujudkan sebuah organisasi. Karena logo dimaksudkan untuk mewakili merek perusahaan atau identitas perusahaan dan mendorong pengakuan pelanggan langsung mereka, itu adalah kontraproduktif untuk sering mendesain ulang logo.

Warna dianggap penting untuk pengenalan merek, tetapi tidak harus menjadi komponen integral dari desain logo, yang dapat bertentangan dengan fungsinya.Beberapa warna terbentuk / terkait dengan emosi tertentu yang desainer ingin menyampaikan. Misalnya warna primer keras, seperti merah, dimaksudkan untuk menarik perhatian driver di jalan raya yang sesuai untuk perusahaan yang membutuhkan perhatian tersebut. Di Amerika Serikat merah, putih, dan biru sering digunakan dalam logo untuk perusahaan yang ingin memproyeksikan perasaan patriotik. Hijau sering dikaitkan dengan sektor kesehatan dan kebersihan, dan biru muda atau perak sering digunakan untuk mencerminkan makanan diet. Untuk merek lain, nada lebih tenang dan saturasi yang lebih rendah dapat berkomunikasi kehandalan, kualitas, relaksasi, atau ciri-ciri lainnya.

Profesi desain logo telah meningkat secara substansial dalam jumlah selama bertahun-tahun sejak munculnya gerakan modernis di Amerika Serikat pada tahun 1950-an. [11] Tiga desainer secara luas [12] dianggap sebagai pelopor gerakan itu dan logo dan desain identitas perusahaan : Yang pertama adalah Chermayeff & Geismar[13] yang merupakan perusahaan bertanggung jawab atas sejumlah besar logo ikon, seperti Chase Bank (1964), Mobil Oil (1965), PBS (1984), NBC(1986), National Geographic (2003) dan lain-lain. Karena kesederhanaan dan keberanian rancangan mereka, banyak dari logo sebelumnya mereka masih digunakan sampai sekarang. Perusahaan itu baru-baru ini dirancang logo untuk Perpustakaan Kongres dan merek fashion Armani Exchange . Lain pelopor desain corporate identity adalah Paul Rand[14] yang merupakan salah satu pencetus Gaya Swiss desain grafis. Ia dirancang banyak poster dan identitas perusahaan, termasuk logo untuk IBMUPS , dan ABC . Pelopor ketiga desain corporate identity adalah Saul Bass[15] Bass bertanggung jawab untuk logo dikenali beberapa di Amerika Utara, termasuk logo Bell Telephone (1969) dan penggantinya AT & T dunia (1983). Terkenal lainnya adalah desain Continental Airlines (1968), Dixie (1969), dan United Way (1972). Kemudian, ia akan menghasilkan logo untuk sejumlah perusahaan Jepang juga. Charmayeff, Rand dan Bass semua meninggal pada tahun 1996.

Logo proses desain

Merancang logo yang baik bukanlah tugas yang sederhana dan membutuhkan banyak keterlibatan dari tim pemasaran dan biro desain (jika outsourcing). Hal ini membutuhkan ide yang jelas tentang konsep dan nilai-nilai merek serta pemahaman konsumen atau kelompok sasaran sebagai panggilan pemasar. Langkah yang luas dalam proses desain logo akan merumuskan konsep, melakukan sketsa awal, menyelesaikan konsep logo, memutuskan warna tema dan format.

Psikologi simbol

Desain yang efektif dan penggunaan logo yang mempekerjakan pemahaman perilaku manusia. Apakah budaya, atau internal, orang mengenali dan bereaksi terhadap warna, bentuk, garis, font dan bentuk simbolis lainnya dengan emosi terkait dengan pengalaman mereka.

Warna memiliki berbagai makna sesuai dengan negara yang berbeda dan budaya. Sebuah warna bisa berarti satu hal dalam suatu lingkungan tertentu, dan sesuatu yang sama sekali berbeda di negara lain.

Pikiran orang telah dilatih untuk mengenali gerakan garis. Garis horizontal sering berkomunikasi keamanan diratakan. Garis vertikal menyampaikan martabat, dan garis diagonal yang penuh energi, menunjukkan baik naik atau turun, atau gerakan dalam satu arah atau yang lain.

Texaco logo

sunting ]logo Dinamis

Nunc est Bibendum (sekarang adalah waktu untuk minum), 1898 poster Michelin .

Coca-Cola logo

Pada tahun 1898 ban Perancis produsen Michelin memperkenalkan Man Michelin , tokoh kartun yang disajikan dalam konteks yang berbeda, seperti makan, minum, dan bermain olahraga.

The MTV logo. Ini telah dimodifikasi untuk menyertakan gambar dalam wilayah hitam dari waktu ke waktu.

Pada awal abad 21, perusahaan besar seperti MTVGoogleMorton Salt dan Saks Fifth Avenue telah mengadopsi logo dinamis yang berubah dari waktu ke waktu dari pengaturan ke pengaturan. [16]

Internet-kompatibel logo

Sebuah perusahaan yang menggunakan Logo tipe (wordmarks) mungkin menginginkan logo yang cocok Alamat internet perusahaan. Untuk Logo tipe singkat yang terdiri dari dua atau tiga karakter, beberapa perusahaan yang ditemukan untuk menggunakan huruf yang sama. A “CA” logo, misalnya, digunakan oleh Bank Perancis Credit Agricole , para Busana Belanda Pengecer C & A dan AS Software Corporation CA Technologies , tetapi hanya satu dapat memiliki domain internet nama CA.com.

Dalam dunia saat ini antarmuka adaptif, penggunaan logo akan diformat dan diformat ulang dari monitor besar untuk perangkat genggam kecil. Dengan perubahan ukuran konstan dan re-format, desainer logo yang beralih ke pendekatan yang lebih berani dan sederhana, dengan garis-garis berat dan bentuk, dan warna solid. Ini mengurangi kebingungan ketika bercampur dengan logo lainnya dalam ruang yang ketat dan ketika menggeliat dan terjepit di antara media.

Contoh

Korporasi, bisnis dan produk

Karena desain, warna, bentuk, dan elemen akhirnya tambahan logotype tersebut, masing-masing dengan mudah dapat dibedakan dari Logo tipe lainnya.Misalnya, sekotak Kellogg sereal akan mudah diakui di rak supermarket dari jarak tertentu, karena tipografi yang unik dan warna merah khas. Hal yang sama akan terjadi ketika seseorang di bandara mencari booth dari Rent-A-Car Hertz perusahaan.

Beberapa terkenal logo termasuk Apple Inc ‘s apel dengan gigitan dibawa keluar, yang dimulai sebagai pelangi warna, dan telah dikurangi menjadi satu warna tanpa kehilangan pengakuan. Coca-Cola ‘s skrip dikenal di seluruh dunia , namun paling berhubungan dengan warna merah, pesaing utamanya, Pepsi telah mengambil warna biru, meskipun mereka telah meninggalkan logo script mereka. IBM , juga dikenal sebagai “Big Blue” telah disederhanakan logo mereka selama bertahun-tahun, dan nama mereka. Apa yang dimulai sebagai International Business Machines sekarang hanya “IBM” dan warna biru telah menjadi tanda tangan dalam kampanye pemersatu mereka karena mereka telah pindah ke menjadi layanan TI perusahaan.

Ada beberapa logo lain yang harus disebutkan ketika mengevaluasi apa tanda berarti konsumen. Merek otomotif dapat disimpulkan hanya dengan logo-dari perusahaan mereka dengan Chevrolet “Bow Tie” mark keroundel tanda dari VolkswagenMercedes-Benz dan BMW , untuk saling “RR” dari Rolls-Royce -masing telah berdiri selama merek dan jelas dibedakan lini produk.

Lain logo yang diakui secara global: yang Nike ” Swoosh “dan Adidas “Tiga garis” adalah dua merek terkenal yang didefinisikan oleh logo perusahaan mereka. Ketika Phil Knight mulai Nike, ia berharap untuk menemukan tanda sebagai dikenali sebagai garis-garis Adidas, yang juga memberikan penguatan ke sepatu. Dia menyewa seorang mahasiswa muda (Carolyn Davidson ) untuk merancang logo nya, membayar $ nya 35 untuk apa yang telah menjadi salah satu tanda yang paling dikenal di dunia (dia kemudian dikompensasi lagi oleh perusahaan). [17]

Lain logo terkenal global adalah bahwa dari Playboy EnterprisesPlayboy majalah mengklaim sekali menerima surat di perusahaan , Chicago Illinoiskantor dengan logo khas “kelinci” sebagai tanda pengenal saja, muncul mana alamat biasanya muncul.

Identitas perusahaan sering dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mengkhususkan diri dalam jenis pekerjaan. Namun, Paul Rand dianggap sebagai ayah dari identitas perusahaan dan karyanya telah mani dalam meluncurkan bidang ini. Beberapa contoh karyanya adalah UPS paket dengan string (diganti pada Maret 2003 dengan “perisai”), IBM dan Komputer NeXT .

Sebuah kasus yang menarik adalah penyempurnaan dari FedEx logo, di mana konsultan merek meyakinkan perusahaan untuk mempersingkat nama perusahaan dan logo dari “Federal Express” untuk singkatan populer “Fed Ex”. Selain membuat nama merek yang lebih pendek, mereka mengurangi jumlah warna yang digunakan pada kendaraan (pesawat, truk) dan menyelamatkan ratusan ribu dolar dalam biaya cat. Juga, panah kanan menunjuk di logo baru mengisyaratkan gerak.

Dimulai sekitar 4 tahun yang lalu, perusahaan-perusahaan tertentu, perusahaan teknologi terutama online, mulai mengadopsi tampilan dan nuansa umum.Banyak orang menyebut bahwa standar sebagai “web 2.0”, tetapi tidak ada resmi “web 2.0” standar. Web 2.0 logo sering menggunakan potongan kecil dari tipe besar, dengan warna-warna cerah dan ceria. Meskipun ada ratusan font yang digunakan oleh perusahaan web 2.0, logo umumnya didominasi oleh soft, bulat san serif font seperti VAG RoundedCrowdspring ) dan Helvetica RoundedSkype ). Ada, Namun, pengecualian banyak, karena beberapa web 2.0 perusahaan telah menggunakan font klasik (Perdagangan, Berita Gothic, Frutiger, Helvetica), sementara yang lain telah memilih untuk membedakan sepenuhnya, menggunakan huruf kustom seperti ( Facebook ).

Olahraga

Bagi banyak tim, logo merupakan cara penting untuk mengenali sejarah tim dan dapat mengintimidasi lawan. Untuk tim tertentu, skema logo dan warna yang identik dengan pemain tim. Sebagai contoh, para Toronto Maple LeafsCleveland Indians , atau New York Yankees semua memiliki logo yang sangat dikenal yang dapat diakui oleh hampir semua penggemar olahraga masing-masing.

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Wheeler, Alina. Merancang Identitas Merek © 2006 John Wiley & Sons, Inc (halaman 4) ISBN 978-0-471-74684-3
  2. ^ Herodotus Histories,. I, 94.
  3. ^ A. Ramage, “Golden Sardis,” Emas Raja Croesus ‘: Penggalian di Sardis dan Sejarah Refining Emas, diedit oleh A. Ramage dan P. Craddock, Harvard University Press, Cambridge, 2000, p. 18.
  4. ^ CA Stothard, patung Monumental Britania Raya (1817) pl. 2, ilus. di Wagner, Anthony, Richmond Herald, Lambang di Inggris (Penguin, 1946), pl. I.
  5. ^ Meggs 1.998 , p. 58.
  6. ^ Meggs 1.998 , hlm 138-159.
  7. ^ Meggs 1.998 , hlm 126-134.
  8. a b Meggs 1.998 , p. 148-155.
  9. ^ Meggs 1.998 , hlm 159-161.
  10. ^ Meggs 1.998 , hlm 162-167.
  11. ^ Meggs 1.998 , p. 363.
  12. ^ Meggs 1.998 , hlm 369-374.
  13. ^ Meggs 1.998 , hlm 373-374.
  14. ^ Meggs 1.998 , p. 369.
  15. ^ Meggs 1.998 , p. 375.
  16. ^ Rawsthorn, Alice (2007-02-11). “Logo perusahaan baru: Dinamis dan berubah semua kemarahan” . International Herald . Diakses 2008/05/21.
  17. ^ “Asal Swoosh tersebut”Nike, Inc . Diarsipkan dari aslinya pada Diperoleh 2007/04/13.

Sumber