DKV II

Mata Kuliah :

DKV II (Perancangan Pendukung Produk: Mascot, Packaging, Product Display, Booth Design)

Kode MK :

-

Hari/Jam:

-

Ruang:

DI 106

Dosen Pengampu:

Dian Cahyadi, M.Ds., Ahmad Yasin, S.Sn.

————-

Subject:

Mahasiswa diharapkan dapat membuat dan merancang materi pendukung pemasaran produk, seperti: Maskot, kemasan (Packaging), Displai Produk dan Booth Design/Exchebition Counter.

Pada proses perancangan Maskot, mahasiswa diberikan pemahaman mengenai pentingnya peran maskot dalam menarik perhatian user dan mendukung pemasaran sebuah produk agar mudah dikenali serta meningkatkan fanatisme pengguna terhadap produk yang direpresentasikan melalui imej kehadiran maskot.

Pada proses perancangan Kemasan, mahasiswa diberikan pengertian dan pemahaman terkait materi Kemasan, pengetahuan dan pengenalan tentang material kemasan, proses mendesain kemasan (pimer) hingga konsep perancangan kemasan secara keseluruhan termasuk rancangan grafis pada kemasan, rancangan kemasan pengaman (sekunder), rancangan kemasan pelindung (sekunder).

Pada perancangan display produk, mashasiswa di arahkan dapat merancang displai untuk penyajian produk yang fungsional dan representatif sehingga dapat menarik perhatian dan minat untuk membeli produk tersebut.

Pada perancangan Booth Design/Exhibition Counter/Tenant Design/Sales Counter/Desain Lapak, mahasiswa diharapkan dapat merancang bangunan-bangunan tenant atau dikenal dengan istilah booth display atau counter-counter penjualan produk.

Tujuan:

  • Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang material dan teknik pengolahan hingga penguasaan membuat pola-pola rancangan
  • Mahasiswa diharapkan menguasai materi dan tahapan perancangan kemasan produk.
  • Mahasiswa diharapkan dapat menyusun konsep perancangan dan pembuatan maskot.
  • Mahasiswa diharapkan dapat menyusun konsep perancangan dan pembuatan displai produk/Product Display.
  • Mahasiswa diharapkan dapat menyusun konsep perancangan dan pembuatan booth design/exchebition counter/tenant penjualan produk.

————————————–

Kumpulan materi Kuliah DKV II:

DESAIN MASKOT (MASCOT)

Apa itu maskot?

Secara singkat Maskot  adalah tokoh representatif, simbol dan alat berkomunikasi untuk mencitrakan seseorang/organisasi tertentu/event tertentu/produk. Maskot melambangkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang mencitrakan karakter produk yang diharapkan dapat mendukung mendongkrak identitas produk dan memiliki peran dalam pemasaran, digunakan sebagai alat berkomunikasi secara efektif dan membantu menarik perhatian user terhadap produk yang diwakilinya dan dapat lebih dikenali.

Maskot merupakan produk simbolistik yang digunakan untuk mensosialisasikan sebuah produk atau citra perusahaan  atau citra indentitas kota atau identitas sebuah even/penyelenggaraan sebuah kegiatan.

Sebuah maskot sejatinya dirancang sebagai alat kampanye dan merchandising yang dirancang berdasarkan informasi-informasi yang dimunculkan melalui karakter-karakter yang imajinatif dan merupakan representasi produk yang diwakilinya. Sebagai contoh Mickey Mouse menjadi contoh utama – Mickey menjadi ikon untuk Disney dan semua orang mengenal dengan baik karakter tersebut.


Bagaimana merancang maskot?
Maskot pada dasarnya adalah karakter kartun yang dirancang dengan koneksi yang kuat dengan perusahaan atau produk yang diwakilinya. Berikut ini uraian sifat dan karakter maskot yang baik – dan tujuan pembuatan maskot yang baik, sebagai berikut

Disebabkan hubungan antara maskot dan produk yang diwakilinya, maka secara sederhana sifat dan karakter maskot dibuat secara sederhana atau sesederhana mungkin terkorelasi dengan imej produk/perusahaan, sehingga maskot memiliki citra dan kepribadian tersendiri dan sepenuhnya dibuat untuk tujuan sosialisasi

Rancangan maskot dibuat semenarik mungkin sehingga terkesan lucu dan menggemaskan. Sehingga tidak jarang banyak maskot dibuat menyerupai karakter-karakter kartun.

Maskot dengan tampilan visual lucu dapatmenarik perhatian audiens anak-anak. Tampilan Cool (dan seksi) dengan tampilan yang eye-catching. Maskot berfungsi  sebagai eye-candy – dapat membantu dalam berkampanye.

How to design a mascot?

A mascot is essentially a well designed cartoon character with strong connection to the company it represents.  The following elaborates on qualities of a good mascot – things to aim for.

  • Connection to company profession and values.  Simplest thing is to have character do the job the company is best known for.  Then give the mascot personality, style and way of doing things that reflect the best things the company stands for.  Colour palette-connection would help as well.
  • Background story.  Giving a mascot a story makes all future decisions easier as we know WHO he/she/it is.  Personal goals and story give mascot things to do, provides material for campaings and overall offers mascot some beliveability.
  • Appeal.  A live-action actor has charisma, animated character has appeal.  With people charisma means a lot more than just ‘cute’ or ‘handsome’, and so it is with cartoon characters, too.  There appeal stands for simplicity, pleasing design and charm/magnetism.  Why these give appeal?  Simple is both easier to read and communicates better than complex.  Pleasing design means good forms and it doesn’t always mean they are pretty, more like well drawn and stylised.  What visual style is effective varies from character to character, but one overall solid trick is exaggeration in dimensions and characteristics.  Finally we have charm or personal magnetism;  It is, in my opinion, the ability to communicate with emotion (usually something positive).
  • Style for target audience.  Cute mascots attract the female and young children audience. Cool (and sexy) is a bigger hit with males.  Consideration here should of course be about your company image, what represents it better?
  • Props and accessories add to the design and are way to say more about the mascot.

>>> http://www.sosfactory.com/blog/how-to/cheeky-monkey-media-mascot-design/

DESAIN KEMASAN (PACKAGING)

Kemasan adalah salah satu bidang dalam Desain Komunikasi Visual yang mempunyai banyak tuntutan khusus karena fungsinya yang langsung berhadapan dengan konsumen, antara lain tuntutan teknis, kreatif, komunikatif dan pemasaran yang harus diwujudkan ke dalam bahasa visual. Sebagai seorang desainer komunikasi visual, hal ini merupakan suatu tantangan karena selain dituntut untuk dapat menyajikan sebuah (desain) kemasan yang estetis, kita juga dituntut untuk memaksimalkan daya tarik
kemasan untuk dapat menang dalam pertarungan untuk menghadapi produk-produk pesaing. Tantangan yang lain adalah klien tidak hanya mengharapkan peningkatan penjualan tetapi juga agar konsumennya tetap setia menggunakan produknya.

DEFINISI KEMASAN
Kemasan dapat didefinisikan sebagai seluruh kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus atau kemasan suatu produk. Kemasan meliputi tiga hal, yaitu merek, kemasan itu sendiri dan label. Ada tiga alasan utama untuk melakukan pembungkusan, yaitu:
1. Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan. Kemasan melindungi produk dalam perjalanannya dari produsen ke konsumen. Produk-produk yang dikemas biasanya lebih bersih, menarik dan tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh cuaca.
2. Kemasan dapat melaksanakan program pemasaran. Melalui kemasan identifikasi produk menjadi lebih efektif dan dengan sendirinya mencegah pertukaran oleh produk pesaing. Kemasan merupakan satu-satunya cara perusahaan membedakan produknya.
3. Kemasan merupakan suatu cara untuk meningkatkan laba perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus membuat kemasan semenarik mungkin. Dengan kemasan yang sangat menarik diharapkan dapat memikat dan menarik perhatian konsumen. Selain itu, kemasan juga dapat mangurangi kemungkinan kerusakan barang dan kemudahan dalam pengiriman. …lengkapnya baca di sini

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Spam Protection by WP-SpamFree