MERANCANG MASKOT (TUGAS II)

Deskripsi Tugas II

DESAIN MASKOT (MASCOT)

Definisi

Secara singkat Maskot  adalah tokoh representatif, simbol dan alat berkomunikasi untuk mencitrakan seseorang/organisasi tertentu/event tertentu/produk. Maskot melambangkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang mencitrakan karakter produk yang diharapkan dapat mendukung mendongkrak identitas produk dan memiliki peran dalam pemasaran, digunakan sebagai alat berkomunikasi secara efektif dan membantu menarik perhatian user terhadap produk yang diwakilinya dan dapat lebih dikenali. Maskot merupakan produk simbolistik yang digunakan untuk mensosialisasikan sebuah produk atau citra perusahaan  atau citra indentitas kota atau identitas sebuah even/penyelenggaraan sebuah kegiatan. Sebuah maskot sejatinya dirancang sebagai alat kampanye dan merchandising yang dirancang berdasarkan informasi-informasi yang dimunculkan melalui karakter-karakter yang imajinatif dan merupakan representasi produk yang diwakilinya. Sebagai contoh Mickey Mouse menjadi contoh utama – Mickey menjadi ikon untuk Disney dan semua orang mengenal dengan baik karakter tersebut.

Tugas II: Mahasiwa diharapkan dapat merancang maskot.

Material: Bebas.

Peralatan: sesuai kebutuhan

Tahap Perancangan:

  • Memilih dan menentukan produk/perusahaan/lembaga/instansi
  • Membangun konsep rancangan (identifikasi identitas, perlambangan, sifat & karakter tokoh maskot)
  • Membuat sketsa-sketsa karakter dengan hasil alternatif rancangan maskot disertai dimensi real tokoh maskot
  • Membuat gambar dimensi rancangan beserta pola-pola rancang bangun maskot disertai pemilihan bahan pembuatan maskot terpilih
  • Membuat miniatur maskot
  • Membuat maskot real
  • Pengumpulan Tugas:
    1. Portofolio Proses Perancangan: Karton A4 di jilid binder
    2. Miniatur Maskot Terpilih: skala 1 : 5
    3. Maskot jadi: skala 1 : 1 (dapat digunakan)
  • Waktu pengumpulan minggu ke-tiga (tanggal 14 Maret 2013)

TAHAPAN-TAHAPAN MERANCANG MASKOT

  1. Mascot Brief > Mengkomunikasikan ide atau gagasan
  2. Sketching > Pembuatan sketsa-sketsa ide rancangan hingga pembuatan alternatif-alternatif rancangan.
  3. Feed-back > Proses re-view/penilaian/tanggapan hasil rancangan. Tahap ini merupakan tahap koreksi hingga ke tahap final desain.
  4. Digitization > Tahap memindahkan hasil rancangan Final pada pekerjaan komputer grafis. pada tahap ini masih mendapatkan sentuhan-sentuhan final work.
  5. Modeling > Hasil final pekerjaan digitalisasi dituangkan ke dalam bentuk pembuatan model skala 1 : 5
  6. Patch-work > Tahap pembuatan pola-pola rancangan ke bentuk skala 1 : 1 (Gambar kerja; berdasarkan rujukan pola pada pembuatan pada tahap modeling), disertai pemilihan dan penentuan material yang akan digunakan dalam pembuatan skala 1 : 1.

coba lihat proses perancangan hingga ketahap final desain. >> HipMascots.com Mascot Design Process

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Spam Protection by WP-SpamFree