Olah Material Kertas/Paper Craft (Tugas I)

Deskripsi

Paper Craft adalah sebuah kegiatan kreatif yang memanfaatkan kertas sebagai media berkreasi untuk mengahsilkan berbagai bentuk-karya kreatif yang unik, lucu, menggemaskan, serta menyenangkan.

Tugas I adalah mengenal sifat, jenis dan karakter material kertas. Mengenal material kertas hanya dapat dilakukan dengan kegiatan eksperimental terhadap bahan dengan tujuan memudahkan mahasiswa dalam proses perancangan kemasan dan tujuan kreasi lainnya yang berbahan dari kertas.

Tugas I ini mahasiswa diharapkan dapat mengeksplorasi material kertas menjadi sebuah produk kreatif.

Tujuan:

  1. Mahasiswa mengenal sifat, jenis, dan karakter kertas.
  2. Mahasiswa menguasai olah struktur dalam membentuk kertas menjadi sebuah produk kreatif.
  3. Mahasiswa mengetahui alat dan bahan dalam mengolah kertas.
  4. Mahasiswa menguasai teknik potong; iris; lipat; dan kuncian
  5. Mahasiswa dapat merancang dan membuat pola-pola; modul-modul, serta metode penyusunan dalam menghasilkan sebuah produk kreatif.

Pertemuan:

Pertemuan I:

Pada pertemuan I, mahasiswa diharapkan membawa: penggaris besi; gunting besar dan kecil; cutter besar dan kecil; sendok; roller pattern (biasa digunakan tukang jahit); jangka; pensil HB; penghapus; kertas 70 gram; kertas 80 gram; kertas kingstruk; kertas origami warna-warni; karton dupleks; karton corrugated (single/double); lem kertas; serta berbagai material pendukung dalam menghasilkan karya Paper Craft.

Jangan lupa membawa alas pelapis untuk kegiatan mengiris yakni kaca 3mm ukuran 30×30 cm

Kegiatan:

  • Briefing dan penjelasan  tugas.
  • Mahasiswa melakukan eksplorasi material kertas
  • Asistensi tugas

Waktu:

  • 3 jam

—————————

PAPER CRAFT (Kerajinan Kertas)

Kertas merupakan material atau bahan yang paling penting dari peradaban kita hingga saat ini dan kertas akan terus berfungsi sebagai media untuk mendokumentasikan informasi dan ide-ide. Namun kertas ditangan seniman dan desainer muda menghasilkan kegairahaan baru dalam berkreasi dan sebagai bahan percobaan untuk potensi desain lainnya. Banyak pengalaman fantastis yang dapat diungkapkan dari berbagai ide-ide kreatif ketika material kertas dieksplorasi lebih jauh. Mengolah kertas menjadi sesuatu hal yang menyenangkan sebab dalam kegiatan eksplorasi ini kita dapat berkomunikasi menggunakan material kertas kepada siapa saja mengenai apa yang terdapat dalam kepala kita. Bahkan kita dapat memunculkan peradaban tersembunyi melalui kisah dibalik karya paper craft.

Papercraft merupakan seni inovatif dan karya desain yang dibuat dari kertas. Dari kegiatan mengeksplorasi ini memungkinkan kita menghasilkan sesuatu karya-karya kerajinan kertas dalam segala bentuk dan ukuran yang mengejutkan, menyenangkan, aneh dari sebuah kegiatan yang memiliki tingkat kerumitan tinggi dan memiliki detail pengerjaan yang membutuhkan ketelatenan dengan hanya menggunakan teknik-teknik dasar pengirisan, pemotongan, pengeleman, melipat, dan kolase-kolase. Sehingga dihasilkan karya yang memiliki nilai artistik baru, serta memberikan wawasan yang komprehensif ke dalam berbagai potensi kreatif yang sangat besar dari bahan multifaset dan mengungkapkan bagaimana kertas melesatkan imajinasi desainer dan seniman saat ini.

Untuk preview tentang tugas silahkan disimak link berikut dibawah ini:

Papercraft 2: Design and Art with Paper

Papercraft: Design and Art with Paper

The Book-Rock , Paper, Scissors: The Work of Julian Valle

OLY Paper Bracelet by Gonçalo Campos

OLY Paper Bracelet by Gonçalo Campos

Yksi Chair by Antti Pulli and Alexander Brink

Yksi Chair by Antti Pulli and Alexander Brink

Karya diorama/visualisasi urban maket

ht

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Spam Protection by WP-SpamFree