DKV III

Kode MK : H13C507

Deskripsi

Mata kuliah ini memberikan penjelasan dan gambaran kepada mahasiswa untuk memahami pengorganisasian dalam perancangan elemen-elemen audio-visual terkait perencanaan dan perancangan iklan radio, televisi.

Mahasiswa diharapkan dapat mengakomodasi ide dan konsep gagasannya dalam perancangan iklan audio-visual, diantaranya: penggarapan naskah iklan, penggarapan storyboard, pengelolaan sound editing, movie editing, sehingga hasil garapan menjadi satu kesatuan yang harmonis dan tepat sasaran terhadap target audiens .

Mahasiswa diharapkan dapat membuat Iklan Radio (ILM), merancang Story-Board,  membuat Iklan Televisi,  dan membuat Video Presentasi.

Tujuan Umum:

  • Mahasiswa diharapkan mampu merancang konsep naskah iklan dan membuat story-board.
  • Mahasiswa diharapkan mampu menuangkap ide-gagasan-konsep dalam karyanya.
  • Mahasiswa diharapkan mampu melakukan sound editing, movie editing
  • Mahasiswa diharapkan mampu membuat iklan radio, iklan televisi, dan Video Presentasi.

Tujuan Khusus:

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat memvisualisasikan ide ke dalam bentuk karya audio-visual yang bertujuan mempertajam kepekaan terhadap kualitas karya dan ungkapannya, menggugah kesadaran terkait aspek-aspek yang berkenaan dengan wujud karya iklan yang dibuatnya, melatih kreatifitas dalam mengolah tampilan audio-visual.

—————————————–

Pokok Bahasan :

  1. Membuat Iklan Radio (Iklan Layanan Masyarakat)
  2. Membuat Rancangan Story-Board
  3. Membuat Iklan Televisi (Iklan Layanan Masyarakat)
  4. Membuat Video Presentasi (Iklan Layanan Masyarakat)

————————————————-

Pertemuan I s.d. IV:

Membuat Iklan Radio (Iklan Layanan Masyarakat)

Tujuan :

  • Melatih kemampuan perancangan naskah iklan radio.
  • Melatih kemampuan menyusun, mengatur komposisi audio menggunakan sound editing.
  • Melatih kemampuan membuat iklan radio yang baik dan dapat menggugah audiens.

Material : Perangkat Recorder, Perangkat Software Sound Editing.

—————————————————

Pertemuan V s.d. VIII:

Membuat Rancangan Story-Board

Tujuan :

  • Melatih kemampuan perancangan naskah iklan televisi.
  • Melatih kemampuan menyusun, mengatur komposisi audio-visual dalam bentuk story-board.
  • Melatih kemampuan membuat naskah iklan dalam bentuk story-board.

Material : peralatan gambar

————————————————-

Pertemuan IX s.d XII :

Membuat Iklan Televisi (Iklan Layanan Masyarakat)

Tujuan :

  • Melatih kemampuan perancangan naskah iklan televisi.
  • Melatih kemampuan menyusun, mengatur dalam proses pengambilan adegan (sutradara).
  • Melatih kemampuan directing dalam klip editing iklan televisi, pemilihan : soundtrack, jingle, font, animasi, merchandise, dsb.
  • Melatih kemampuan menggunakan software movie editing.

Material : kamera, lighting, merchandise, software movie dan sound editing.


————————————————-

Pertemuan XIII s.d. XVI :

Membuat Video Presentasi (Iklan Layanan Masyarakat)

Tujuan :

  • Melatih kemampuan perancangan naskah video presentasi (durasi panjang).
  • Melatih kemampuan menyusun, mengatur, pengambilan keputusan dalam proses pengambilan adegan (sutradara).
  • Melatih kemampuan directing dalam klip editing video presentasi terkait pemilihan : materi naskah, soundtrack, jingle, font, animasi, merchandise, dsb.
  • Mempertajam kemampuan menggunakan software movie editing.

Material : kamera, lighting, merchandise, software movie dan sound editing.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Spam Protection by WP-SpamFree