MK. Desain Komunikasi Visual II

Mata Kuliah : Desain Komunikasi Visual II

Prodi : Desain Komunikasi Visual

Kode MK. : H13C408

Semester: IV

SKS : 4

Hari / Jam  / Ruangan :  Jumat / I – IV / DI 106

SAP/MP

KODE MK : H11C211

Publish Date : 17 Feb 2010

Deskripsi

Mata kuliah ini memberikan penjelasan dan gambaran kepada mahasiswa untuk membuat dan merancang kemasan dan label pada aneka benda-benda produk.

Mahasiswa diharapkan mampu mendesain kemasan dengan menggunakan material-material dasar dan pengembangannya, sehingga tercipta sebuah kemasan yang memenuhi kriteria aspek desain dan pemasaran.

Mahasiswa diharapkan dapat mengenal sifat dan karakter dari berbagai material yang dihadapi dan diwujudkan kedalam Desain Visual Kemasan dan mendesain Label Kemasan yang sesuai dengan jenis, tipe dan bentuk kemasan rancangannya.

Objectives:

  • Mahasiswa diharapkan mampu mengenal sifat dan karakter material kertas, plastik, dsb.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengeksplorasi bentuk trimatra Kemasan (Packaging) dengan perlakuan menggunakan teknik ; Memotong – Menggunting – Mengiris – Melipat – Menekuk. Tanpa menggunakan alat lain selain ala ; gunting, cutter, dan alat tekuk.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengunggah nilai-nilai estetis ke bentuk 3D dengan memasukkan unsur-unsur, kesederhanaan, keseimbangan, kesatuan, komposisi dan ritme.
  • Mahasiswa diharapkan dapat membuat kemasan beserta grafis labelnya. Produk kemasan yang hendak dicapai adalah prodk kemasan yang bertemakan; unik, lucu, sederhana, elegan, dan sebagainya serta bernilai kekinian.

Pokok Bahasan :

  1. Mengeksplorasi Material Kertas/Karton/Corrugated Paper.
  2. Mengeksplorasi Struktur/Pola (vector).
  3. Mengeksplorasi Kemasan beserta grafis labelnya.
  4. Merancang Kemasan sebagai Produk Karya Final Mahasiswa.
Pertemuan I – IV :
Mengeksplorasi Material Kertas/Karton/Corrugated Paper.


Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. (Pertemuan I )
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan II)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan III)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan IV)
Tugas I
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi material kertas ke dalam bentuk 3D
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya
Pertemuan V – VIII :
Mengeksplorasi Struktur/Pola (vector).


Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. ( Pertemuan V )
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan VI)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan VII)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan VIII)
Tugas II
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi  material dengan mengolah pola-pola vector untuk menemukan bentuk kemasan.
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya
Pertemuan IX -XII :
Mengeksplorasi Kemasan beserta grafis labelnya.

Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. ( Pertemuan IX)
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan X)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan XI)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan XII)
Tugas III
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi  material kemasan disertakan rancangan grafis label & kemasan.
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya
Pertemuan XIII – XVI :
Merancang Kemasan sebagai Produk Karya Final Mahasiswa.

Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. ( Pertemuan XIII)
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan XIV)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan XV)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan XVI)
Tugas IV
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi  material produk kemasannya disertai grafis, label dan pengaman (jika diperlukan). Setiap mahasiswa diharapkan merancang secara penuh item produk.
  • Mahasiswa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya

Hasil Karya Studi DKV II

Untuk menginspirasi anda, silahkan membuka link, berikut :

mein™ inspiration

Shin Tanaka: Paper Maestro

21 Examples of Creative Packaging Design

Competiton: five copies of Designing Sustainable Packaging to be won

Nih…Si Ichigo….accomplished to night……hehehe

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Spam Protection by WP-SpamFree