MK. H11C211 Dasar Desain Trimatra (PSSR)

Dasar Desain Trimatra

SAP/MP

KODE MK : H11C211

Publish Date : 17 Feb 2010

Deskripsi

Mata kuliah ini memberikan penjelasan dan gambaran kepada mahasiswa untuk memahami pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Hasil karya eksplorasi bentuk trimatra yang dikelola mahasiswa harus mempunyai nilai estetis.

Mahasiswa diharapkan dapat mengenal sifat dan karakter dari berbagai material yang dihadapi dan diwjudkan kedalam Nirmana 3 Dimensi.

Objectives:

  • Mahasiswa diharapkan mampu mengenal sifat dan karakter material kertas.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengeksplorasi bentuk trimatra dengan perlakuan menggunakan teknik ; Memotong – Menggunting – Mengiris – Melipat – Menekuk. Tanpa menggunakan alat lain selain ala ; gunting, cutter, dan alat tekuk (tidak diperbolehkan menggunakan lem atau bahan perekat lainnya.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengunggah nilai-nilai estetis ke bentuk 3D dengan memasukkan unsur-unsur, keseimbangan, kesatuan, komposisi, ritme dan irama.

Pokok Bahasan :

  1. Mengeksplorasi Material Kertas
  2. Mengeksplorasi Struktur
  3. Mengeksplorasi Permukaan Bentuk (Shape)
  4. Mengeksplorasi Bentuk 3D Mix & Match Media
Pertemuan I – IV :

Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. (Pertemuan I )
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan II)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan III)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan IV)
Tugas I
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi material kertas ke dalam bentuk 3D
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya
Pertemuan V – VIII :

Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. ( Pertemuan V )
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan VI)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan VII)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan VIII)
Tugas II
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi  material Straw (Piped) ke dalam bentuk Struktur 3D
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya
Pertemuan IX -XII :

Aktivitas Pembelajaran
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. ( Pertemuan IX)
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan X)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan XI)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan XII)
Tugas III
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi  material PVC (Thermoplast) ke dalam bentuk surface form 3D dengan teknik cetak / moulding
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya
Pertemuan XIII – XVI :

Aktivitas Pembelajara
  • Dosen menjelaskan materi pengantar dan memberikan contoh eksplorasi kertas. ( Pertemuan XIII)
  • Dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap eksplorasi lanjutan. (Pertemuan XIV)
  • Dosen dosen mengasistensi modul / karya alternatif pilihan untuk dilanjutkan ke tahap Finishing. (Pertemuan XV)
  • Dosen mengumpulkan karya mahasiswa dan melakukan evaluasi karya (Pertemuan XVI)
Tugas IV
  • Mahasiswa membawa peralatan ; gunting, cutter, dsb.
  • Mahasiswa mengeksplorasi  material pilihannya ke dalam bentuk 3D
  • Mahasisa melakukan kegiatan asistensi karya
  • Mahasiswa membuat membuat dan mengumpulkan hasil karya

Trimatra semester ini akan membahas :

Eksplorasi Material Kertas – Material Straw (Piped) – Material Thermoplastics – Material Mix & Match Media.

————-

Pengantar Materi Nirmana

Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa. Elemen –elemen seni rupa dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan bentuknya.

  1. Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.
  2. Garis, garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna.
  3. Bidang, bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas; mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis.
  4. Gempal, gempal adalah bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman.

Penyusunan merupakan suatu proses pengaturan atau disebut juga komposisi dari bentuk-bentuk menjadi satu susunan yang baik. Ada beberapa aturan yang perlu digunakan untuk menyusun bentuk-bentuk tersebut. Walaupun penerapan prinsip-prinsip penyusunan tidak bersifat mutlak, namun karya seni yang tercipta harus layak disebut karya yang baik. Perlu diketahui bahwa prinsip-prinsip ini bersifat subyektif terhadap penciptanya.

Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa prinsip utama untuk tujuan komunikasi dari sebuah karya desain.

  1. Ruang Kosong (White Space)

Ruang kosong dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan.

  • Kejelasan (Clarity)

Kejelasan atau clarity mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda.

  • Kesederhanaan (Simplicity)

Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan seing juga diartikan tepat dan tidak berlebihan. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.

  • Emphasis (Point of Interest)

Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik.

Prinsip – prinsip dasar seni rupa

  • Kesatuan (Unity)

Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.

  • Keseimbangan (Balance)

Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.

  • Proporsi (Proportion)

Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan –perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

  • Irama (Rhythm)

Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.

  • Dominasi (Domination)

Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan deisan. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan . Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsure sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai bebrapa tujuan yaitu utnuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.

Sumber :

  • Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, Yogyakarta 2005

Untuk melihat contoh-contoh Paper Art Work

Silahkan lihat di link page > Lihat Link Insprasi (below)

Contoh Karya Straw Art :

Leaves You Wanting Less

Drinking Straw Art is Kill You

Something Beautiful

Gulp by Tim Fishlock » CONTEMPORIST

APLIKASI NIRMANA PADA DESAIN PRODUK

Nest Chair (an inspiration to my student)

Lampu Artistik (an isnpiration to my student)

Insprirasi Buat Tugas IV:

‘Urban Nature’ 2009 by Naoko Ito.
Born in Tokyo, Japan. Lives and works in New York.

Bobby Neel Adams was born in Black Mountain, NC, a magical place as the former home to the Bauhaus. Working without the aid of digital imaging, and by tearing and gluing the pictures, he creates what he calls “Age Maps,” the kind of thing forensic artists might use to discover what someone might look like who has not been seen for some time. It’s an interesting concept

http://www.1000markets.com/users/layerbylayer/products

——————————————————————————————

DAFTAR NILAI DASAR DESAIN TRIMATRA 2009/2010 (KELAS C)

NO NIM NAMA NILAI Tot. (Pebulatan) NILAI KET.
1 98104101 FIRMAN ARI SUBEKTI 51.19 51.00 T
2 98104102 YUSDAR WAHYUDDIN 66.06 66.00 T
3 98104103 TAUFIQURRAHMAN 30.19 30.00 T
4 98104104 ANDI FITRIANI 11.25 11.00 T
5 98104105 SALWATI 30.38 30.00 T
6 98104106 RAHMAT SAMBURA 13.13 13.00 T
7 98104107 RETNO ANNGYA 8.44 8.00 E
8 98104108 IHSAN 12.19 12.00 T
9 98104109 MUHAMMAD ILHAM HAMID 0.00 0.00 E
10 98104110 ZULFADLI LATIEF 90.38 90.00 A
11 98104111 SURIANTI 81.88 82.00 B
12 98104112 ARISANDI 32.25 32.00 T
13 98104113 LISA LASODDING 90.69 91.00 A
14 98104114 ARIFUDDIN 94.56 95.00 A
15 98104115 HASRULLAH 94.75 95.00 A
16 98104116 LINDA LASODDING 90.56 91.00 A
17 98104117 ASRIADI K. 95.88 96.00 A
18 98104118 MUH TAHIR 12.19 12.00 T
19 98104119 HAERIL ANWAR 14.06 14.00 T
20 98104120 RYAN ARIADI 65.75 66.00 T
21 98104121 MUHAMMAD NUR RESKI S 0.94 1.00 E
22 98104122 MUHAMMAD MUHAIMIN 90.31 90.00 A
23 98104123 ANDI AYDI CANRA 8.44 8.00 E
24 98104124 SEBERNIUS T ARRANG 90.31 90.00 A
25 98104125 MUHAMMAD ARFA 14.06 14.00 T
26 98104126 DEDY SUHENDAR 13.13 13.00 T
27 98104127 SALVERANI 48.38 48.00 T
28 98104128 AMELIYAMAYASARI 84.88 85.00 B
29 98104129 RAHMAT TAWAKKAL ANZARI 9.38 9.00 E
30 98104130 SUNARYO S. 88.25 88.00 B
31 98104131 MUH. HERDIANSYAH 10.31 10.00 E
32 98104132 AISYAH 46.00 46.00 T
33 98104133 FIRMANSYAH 54.50 55.00 T
34 98104134 IRWAN ANZARI 62.88 63.00 T
35 98104135 ARIF HASANUDDIN 7.50 8.00 E
36 98104136 YULIANA BASIR 30.00 30.00 T
37 98104137 MUH ARDY PRANATA 34.13 34.00 T
38 98104138 RATNAWATI 32.44 32.00 T
39 98104139 MILDA JUNIATI 13.13 13.00 T
40 98104140 HARYONO 30.00 30.00 T
41 98104141 MARVIANUS 53.25 53.00 T
42 98104142 ARNI SURYANI ARIFIN 90.44 90.00 A
43 98104144 SULFIANI 26.81 27.00 T
44 98104145 ANDI NILAWATI 88.00 88.00 B
45 98104146 ANDI AHIDILLAH P. 79.88 80.00 B
46 98104147 ANDI SIRRUL HAQQ 7.50 8.00 E
47 98104148 ANGELIA WULANDARI 51.00 51.00 T
48 98104149 KAHAR KARIM 12.19 12.00 T
49 98104150 M FAJRIN 67.06 67.00 T
50 SUFIANI 4.69 5.00 E
51 88104141 RUKMANAH ARIFIN 50.25 50.00 T
52 88104103 YOHANIS JEANS S. 30.38 30.00 T
Bagi mahasiswa yang belum mengumpulkan tugas, masih diberi kesempatan untuk melengkapi Nilai Tugas.


Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Spam Protection by WP-SpamFree