TUGAS TD II

Nama : Juandi / 088614009

Key : Desain dan Fenomena Sosial – Teknologi

Komentar :

Gambar diatas adalah sebuah kereta api dan manusia-manusia yang tidak memikirkan keselamatan dan lebih mementingkan efesiensi waktu, tetapi sebenarnya mereka menggunakan kereta sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai alat transportasi akan tetapi caranya yang salah.

Gambar tersebut memiliki visualisasi desain dan fenomena sosial.

Tidak biasanya … (Lihat Selengkapnya) kereta ditumpangi penumpang extra full seperti pada gambar sampai-sampai didepan kereta pun dipenuhi penumpang.

Gambar diatas juga menganut Desain dan teknologi karena kereta adalah sebuah teknologi dimulai dari manusia berjalan kaki, menggunakan hewan sebagai tumpangan hingga tercipta sebuah kereta sebagai kendaraan. disinilah dapat dilihat manusia menggunakan kereta sesuai dengan fungsi.

———————————————————————————————————————————————–ok

Nama : Andri Priadarmadi P./ 088614004

Key : Desain dan Teknologi

Komentar :

Visualisasi diatas termasuk dalam desain dan teknologi dan apabila gambar ini benar-benar terjadi ada beberapa aspek yang harus kita perhatikan dalam foto ini.

Aspek pertama ialah dari sudut pandang desain mobil ini apabila di pandang dengan menggunakan kacamata desain mobil ini sangat terkesan mewah dan elegant. Bukan hanya itu mobil ini pun apabila kita ikutkan dalam perlombaan “contest” mobil ini pasti akan mendapatka sebuah gelar dalam kelas “extrem low car”.

Tapi apakah mobil polisi ini hanya sebuah maskot atau sebuah pajangan semata yang sifatnya cuman di pertontonkan saja ? jawabnya tentu tidak…, sebagaimana kita tahu bersama bahwa tugas dari seorang kepolisian itu melayani masyarakat atau mengayaumi masyarakat dan sekarang mari kita berfikir menggunakan insting masing-masing. Sanggupkah polisi mengayomi masyarakat apabila ada terjadi balapan liar, tabrak lari, atau penculikan yang sifatnya mendadak???

Jangankan memburu penjahat tesebut untuk mengemudikan mobilnya saja diatas 50 km/jam sudah tidak sanggup, itulah kelemahan dari modification yang extrem selalu bertantangan dengan aspek kenyamanan dikarenakan gaya gesek dari suspensi mobil tersebut semakin ceper/low semakin nihil gaya geseknya atau bisa di bilang tidak ada jadi getaran yang terjadi dapat di rasakan langsung pada saat kita mengemudinya diakibatkan tidak berfungsinya suspensi dengan baik.

———————————————————————————————————————————————-ok

Nama : Abdul Ma’ruf / 088614002

Key : Desain dan Gaya Hidup

Komentar :

Kendaraan ini sangat terlihat sederhana…tetapi memiliki nilai fungsi,murah,unik dan antik……tetapi jika dilihat dari modelnya,kendaraan ini jauh tertinggal (kuno).sehingga nilai jualnya sangat rendah skalipun itu sangat murah…

Jjika dilihat dari segi ekonomi, banyak masyarakat indonesia yang tergolong lemah tetapi kaya akan rasa malu atau gengsi…heheheheeeee…..
Peace..!!!!
I LOve Indonesia dan penghuninya…..

———————————————————————————————————————————————–ok

Nama : Andi Riris Noviarti / 088614024

Key : Desain dan Fenomena Sosial & Desain dan Kebudayaan

Komentar :

Visualisasi diatas termasuk dalam desain dan fenomena sosial dan desain dan kebudayaan.
Dikatakan dalam masalah desain dan fenomena sosial,dan desain dan kebudayaan karena gejala umum terdapat pada suatu negara yang baru saja mengalami perubahan budaya dan pergeseran sosial ekonomi terletak pada kekuatan politiknya. Dengan melihat visualisai diatas … (Lihat Selengkapnya), dapat kita kaitakan dengan salah satu hakikat orde baru dalam transformasi budaya adalah penekanan terhadap perubahan sikap mental yang mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan golongan atau pribadi.
Gambar diatas merupakan dampak adanya pihak-pihak tertentu dalam hal ini pemerintahan dan partai-partai politik yang menjadikan dasar pembangunan nasional untuk mensejahtrakan rakyat namun malah menyengsarakan rakyat. Maka yang penting adalah bagaimana meningkatkan mentalitas bangsa diarahkan pada pola pikir yang modern. Terlepas dari kelemahan tersebut selama orde baru bahwa fisik kebudayaan indonesia berkembang pesat karena perhatian diarahkan pada pertumbuhan ekonomi. Sehingga yang dulunya beriorentasi pada dunia industiri kini beriorentasi kedunia pasar.
Dengan demikian sebenarnya telah terjadi transformasi budaya yang dulunya berbasis ekonomi agraris menuju sistem ekonomi industri. Dampaknya mengakibabtkan banyaknya warga miskin yang tidak mampu membeli kebutuhan pokok dikarenakan biaya terbatas dengan harga pasar yang semakin melonjak naik. Seperti pada visualisai diatas secara substansial kita masih melihat pertentangan antara aspek mentalitas Indonesia dengan raut rencana pembangunan yang harus dicapai sesuai targetnya.
Pembagian BLT yang tujuannya agar masyarakat khususnya warga miskin dapat memperoleh bantuan dari program tersebut malah menjadi konflik bagi masyarakat indonesia sendiri, misalnya saja dengan berdesak-desakan seperti seorang ibu yang terlihat jelas pada gambar tidak menutup kemungkinan akan terluka atau meninggal karena kesulitan bernafas, atau dengan berebutan mengambil BLT tersebut akan mencederai dirinya sendiri maupun orang lain.
Dalam hal ini perlu adanya kesadaran dan peningkatan mentalitas bangsa oleh semua pihak, agar terwujud pembanguan nasional secara adil dan merata.
———————————————————————————————————————————————ok

Nama : Akhmad Riansyah / 088614030

Key : Desain dan Fenomena Sosial

Komentar :

Photo di atas adalah beruang dan dua orang anak yg tidak memikir keselamatan akibat bermain dengan seekor beruang. Kedua anak itu ingin memasukkan beruang yang sangat besar ke kandang yang kecil, yang seharusnya beruang di tempatkan ke kandang yang besar dan yang menangkap beruang sebesar itu adalah orang yang berpengalaman.
——————————————————————————————————————————————–ok

Nama : Madina TNL / 088614029

Key : Desain dan ?

Komentar :

Pasar tumpah merupakan pasar tradisional tidak resmi yang memanfaatkan ruang publik. Pasar tumpah bisa kita dapati di sekitar pasar modern, pasar tradisional, di pinggiran jalan, dan di sekitar permukiman. Dengan demikian, kegiatan pasar tumpah masih merupakan bagian dari pasar tradisional. Pergerakan ekonomi di pasar tumpah terjadi cukup pesat. Hal ini disebabkan karena harga yang ditawarkan di pasar tumpah relatif lebih murah. Pedagang dapat menjual barang dagangannya dengan harga murah karena tidak perlu membayar sewa kios dan umumnya tidak punya tempat penyimpanan yang permanen sehingga barang dagangan harus cepat terjual (terutama untuk barang-barang yang cepat membusuk), selain murah, kadang-kadang kita juga menemukan barang dagangan yang unik dan kualitasnya tidak jauh beda dengan yang dijual di toko-toko.
Secara fungsi memenuhi kebutuhan masyarakat walaupun pasar tumpah ini adanya hari-hari tertentu saja, tapi di lihat dari segi sosial pasar tumpah juga menyebabkan kemacetan yang merugikan pengguna jalan, di lihat dari estetika pasar tersebut tidak rapi, terkesan jorok. Untuk menertibkan pedagang pasar tumpah ini, pemerintah hendaknya melakukan kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup. Lewat kebijakan edukatif, pemerintah membuat program peningkatan kapasitas pedagang berupa pembinaan manajemen.

———————————————————————————————————————————————ok

Nama : Muh. Ihsan Anas / 088614020

Key : Desain dan Teknologi

Komentar :

visualsisasi diatas adalah ratusan orang menyerbu sebuah helikopter yang mungkin saja ada sesuatu ingin diberikan,,
tpi dari sisi lain saya ingin mengoreksi gambar tersebut dikarenakan seperti yang kita lihat bersama ratusan korban bencana berada di daerah sekitar helikopter secara tidak langsung heli tsb tdk bisa turun ke tempat tersebut akibat serbuan orang2 sekitar,,selain itu putaran dari baling2 heli dapat membahayakan para korban bencana..
——————————————————————————————————————————————–ok

Nama : Ikhsan Wahyudi / 088 614 001

Key : Desain dan Teknologi

Komentar :

gambar ini merupakan fenomena yang sering terjadi di dunia ini,,kalau ditinjau dari segi manfaat atau penggunaannya,gambaR ini memiliki nilai fungsi yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat,,dari segi modelnya pun merupakan kendaraan modern yg cukup diminati oleh masyarakat luas,,sedangkan ditinjau dari nilai negatifnya ini sangat membahayakan nyawa manusia.tetapi kembali lagi dari segi fungsinya bahwa kebanyakan masyarakat lebih mengutamakan kebutuhanya,,dan mengesampingkan keselamatannya..
———————————————————————————————————————————————ok

Nama : Nur Asia/ 088 614 010

Key : Desain dan Teknologi

Komentar :

Visualisasi di atas termasuk dalam desain dan kebudayaan. dikatakan desain dan kebudayaan, krn ini merupakan slah satu cntoh kebiasaan dari remaja yang sering mengotori atau mencoret dinding. Namun, bs pula dikatakn termasuk gaya hidup, krn hal ini sdh mnjadi tradisi bagi remaja2 utk m’perlihatkan bhwa inilah gaya hidup mereka. Ingn mnunjukkan bhwa bgnilah cra mreka mngapresiasikan jiwa seni dlm diri mreka. Meskipun mmg ad dmpak bruk bgi msyrakat awam, bhwa ini bknx karya seni,, tp justru hanya mngotori dan mnyalahi fungsi dari dinding tersebut.. Tapi,, bgnilah gaya remaja masa kini…. tak peduli kata org,, yg penting Happy..!!!

———————————————————————————————————————————————-ok


——————foto dihapus atas permintaaan yangbersangkutan——————

Nama : Luki Ahmadi H.W./ 088 614 007

Key : Desain dan Sosial Budaya

Komentar :

visualisasi ini termasuk dalam desain dan sosial budaya. Orang tua yg mengajarkan kepada anak2 kecil untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. sedangkan wajah para anak kecil menunjukkan mimik rasa ingin tahu. anak kecil selalu mempunyai sifat rasa ingin tahu yg besar.

———————————————————————————————————————————————–ok

Nama : Supratiwi A./ 088 614 021

Key : Desain dan Teknologi-Fenomena Sosial-Paradigma

Komentar :

Visualisasi di atas menunjukkan adanya nilai-nilai desain:
1. Desain dan teknologi, dimana pada gambar menampilkan alat transportasi kereta api yang masih dapat kita gunakan sampai sekarang, meskipun dengan kemajuan teknologi kereta api yang di tampilkan nampaknya kereta api tempo doloe,, karena kita tau sekarang telah ada kereta api yang lebih canggih misalnya kereta api listrik.
2. Desain dan fenomena sosial, yaitu pada visualisai tersebut menampilkan keadaan di suatu tempat di mana areal transporatsi kereta api (pinggiran rel kereta) di jadikan sebagai tempat perbelanjaan dan ini berarti para pedagang tidak mimikirkan keselamatan mereka dan para pembeli, karena di benak mereka bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup demi kelangsungan hidup mereka.
3. Desain dan Parqadigma, tampilan gambar di atas sangat bertolak belakang,, area rel kereta api dijadikan sebagai pusat perdagangan. ini berarti tidak sesuai pada tempatnya.

——————————————————————————————————————————————–ok

Nama : Muh. Sukardi M. / 088 614 028

Key : Desain dan Fenomena Sosial – Teknologi

Komentar :

Pada gambar tersebut betapa orang tidak mengutamakan keselamatanX..
yang tidak pernah menaati peraturan berlalu lintas…
ini juga membuktikan bahwa kurangX perhatian masyarakat terhadap aturan2 yang berlaku.

———————————————————————————————————————————————–ok

Nama : ???????????????? / 088 614 0..

Key : Desain dan Fenomena Sosial – Teknologi

Komentar :

gambar di atas ini merupakan visualisasi dari desain dan fenomena sosial…
menurut saya gambar orang kampanye di atas tdk layak untuk d tiru atau pun d aplikasikan d masyarakat, krn selain berbahaya dapat mengganggu arus lalu lintas,, selain itu pula hanya menguntungkan beberapa pihak saja apalagi dalam situasi kampanye saat ini yg marak-maraknya di ikuti oleh beberapa tim sukses dan masyarakat.

——————————————————————————————————————————–ok

Nama : Marhawati / 088614008

Key : Desain dan Gaya Hidup (?)

Komentar :

dapat dilihat dengan jelas gambar tersebut adalah kemacetan lalu lintas. entah ini merupakan penerobosan rambu lalu lintas, rambu lalu lintas sedang bermalah, ataukah memang tidak adanya rambu lalu lintas yang mentur ketertiban di daerah tersebut.
terlihat jg seorang polisi lalu lintas yang sedang berusaha mengatur ketertiban jalan.
tapi, setidaknya para pengendara (pengguna jalan) tidak mementingkan diri sendiri. setidaknya mereka sadar bahwa hal ini selain membahayakan dirinya, jg bisa membahayakan orang lain. karena situasi seperti ini kemungkinan besar mengakibatkan kecelakaan.

——————————————————————————————————————————————ok

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Spam Protection by WP-SpamFree