MELESTARIKAN IDENTITAS BUGIS-MAKASSAR MELALUI TAMPILAN PAKAIAN ADAT DI KANTOR DAN DI SEKOLAH

Abstrak

Identitas kebudayaan sebuah kaum berada di kearifan dan kebanggan kaum itu sendiri.  Keanekaragaman budaya lokal dapat dijadikan sebagai  yang tidak dapat disamakan dengan budaya lokal negara dan bangsa lain. Budaya lokal yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

keanekaragaman budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya lokal negara lain. Budaya lokal yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alatmusik, ataupun adat istiadat yang dianut. Semua itu dapat dijadikan kekuatanuntuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

Pendahuluan

Indonesia kaya akan seni dan budaya. Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis, tiap etnis memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad, dan kebudayaan dari masing-masing daerah terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Seluruh kebudayaan  yang berasal dari beraneka ragam suku-suku di Indonesia merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia.

Kekhasan budaya lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia memliki kekuatan tersediri, misalnya rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Kekhasan budaya lokal ini sering kali menarik pandangan negara lain.
Terbukti banyaknya warga asing yang  mempelajari budaya Indonesia seperti belajar tarian khas suat daerah atau mencari barang-barang kerajinan untuk dijadikan buah tangan. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang unik.

Sebagai generasi penerus bangsa dan adat tugas kita adalah  mempertahankan,  melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh keragaman identitas budaya bangsa.

Kebudayaan Lokal menjadi sumber ketahanan budaya bangsa Kesatuan budaya lokal yang dimiliki Indonesia merupakan budaya bangsa yang  mewakili identitas negara Indonesia. Sepantasnyalah kebudayaan-kebudayaan lokal harus tetap dijaga dan terpelihara serta diwarisi dengan baik agar budaya bangsa tetap kokoh.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Spam Protection by WP-SpamFree