Pengajaran Konsep Geometri dengan Pendekatan Matematika Realistik

Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang benda-benda dalam kehidupan sehari-hari kita. Akan tetapi kebanyakan materi konsep geometri yang disajikan bagi anak didik bersifat abstrak. Sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat membelajarkan siswa. Seorang ahli pernah menyatakan bahwa seorang siswa dikatakan belajar Geometri bila dapat diasumsikan bahwa dalam diri siswa itu mengalami suatu proses yang mengakibatkan suatu perubahan pada siswa.

Dikaitkan dengan pemahaman, maka pemahaman konsep Geometri adalah kemampuan dalam memahami, mengelompokkan konsep Geometri ke dalam contoh dan bukan contoh dari konsep Geometri tersebut. Konsep Geometri yang dimaksud adalah materi pengajaran konsep Geometri yang diberikan pada siswa sekolah dasar berdasarkan Kurikulum tahun 2004. Adapun sebagian materi tersebut dideskripsikan sebagai berikut:

  1. 1. Segitiga

Definisi :  Segitiga adalah gabungan tiga ruas garis yang dibentuk oleh tiga titik yang tidak segaris yang sepasang-sepasang saling dihubungkan.

Jika ketiga titik tersebut adalah A, B, dan C maka segitiga yang terbentuk ditulis segitiga ABC.

Pada segitiga ABC, disebut sisi-sisi segitiga ABC dan disebut sudut-sudut segitiga ABC dengan titik-titik sudutnya adalah A, B dan C.

Berdasarkan sisi-sisinya, segitiga dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu, sebagai berikut:

a. Segitiga Sama Sisi

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes