Diskusi Tema Pengajaran Tematik

Laman ini mengungkap tentang pentingnya mahasiswa dapat mengkaji pengajaran tematik-integrasi untuk matematika supaya mereka dapat menerapkan di sekolah baik pada tingkat sekolah dasar atau tingkat sekolah menengah pertama. Sebagai contoh, dalam silabus yang disusun oleh Secondary Schools Board NSW (1983) dikemukakan bahwa penggunaan tema bersifat pilihan. Materi pelajaran standar memuat delapan tema dan sepuluh topik. Tema-tema tersebut meliputi: (a) matematika di lingkungan kita, (b) matematika yang melibatkan makanan, (c) matematika di tempat kerja, (d) membuat desain, (e) matematika yang melibatkan olahraga, dan (e) matematika dalam masyarakat, (f) kerajinan tangan, (g) pariwisata dan keramahan, (h) Matematika yang melibatkan transportasi, (i) Matematika yang melibatkan objek wisata, (j) Matematika yang melibatkan geografi, (k) Matematika yang melibatkan iklim, dan (l) Matematika yang melibatkan hiburan. Sebagai bahan referensi, artikel berikut dapat diperoleh dari handalbobis dan sebagai pedoman tentang tema-tema di atas dapat dilihat pada math910std_syl. Untuk kegiatan yang berkaitan dengan topik problematika ini, mahasiswa diharapkan dalam mengkonstruksi ide-ide mereka dapat mengikuti komponen-komponen yang diajukan dalam Panduan Kegiatan Pengajaran Tematik untuk Mata Pelajaran Matematika.

Adapun pembagian tema untuk setiap kelompok disajikan ke dalam tabel di bawah ini:

Kelompok SD

Imam Rahmanto/Yohanis Ma”din Tema: matematika di lingkungan kita
Sub tema: sampah, banjir, penyakit, dan lainnya.
Sri wahyuni Sam/Nurhidayah Tema: matematika yang melibatkan makanan
Sub tema: menu makanan pesta, timbangan, berat bersih makanan kemasan, dan lainnya.
Reski cahyani/sri Nurrahmana Tema: matematika di tempat kerja/sekolah
Sub tema: CPNS dan PNS, siswa atau mahasiswa baru, proporsi sekolah di Indonesia, dan lainnya.
Khaerunnisa & Musfirah Ansar Tema: membuat desain
Sub tema: pola batik, desain rumah adat, desain mobil, dan lainnya
Syarifah Ariasnury A./Santriani Tema: matematika yang melibatkan olahraga
Sub tema: atletik, lapangan bola, bola, dan lainnya.
Rahmadani dan Faradillah Rachmadani M. Nur Tema: matematika dalam masyarakat/tempat umum
Sub tema: pasar, jalanan umum, perumahan, dan lainnya.
Suaib/Roslindasari Tema: kerajinan tangan
Sub tema: kain sutra, rumah adat toraja, batik, tikar, dan lainnya.
Astniwaty Anwar/Ifa Suriana Faisal Tema: pariwisata dan keramahan
Sub tema: turis, pelayanan prima, perhotelan, dan lainnya.
Nursyahdani/Jumria Anwar Tema: Matematika yang melibatkan transportasi
Sub tema: taksi, pete-pete, motor, dan lainnya.
Sri Wilyana/Fitria Pratiwi Putri Tema: Matematika yang melibatkan objek wisata
Sub tema: kupu-kupu maros, benteng somba opu, benteng rotterdam,pantai losari dan lainnya.
Andi Nurani/Rita Nanda Nurlaela Tema: Matematika yang melibatkan geografi
Sub tema: jumlah penduduk, daerah bukit, daerah lembah, dan lainnya.
Rizky Alimuddin/Hendry Soevandi Tema: Matematika yang melibatkan iklim
Sub tema: waktu cocok tanam, masa panen, masa paceklik, dan lainnya.
Rizki Pratiwi Robi Amriani Tema: Matematika yang melibatkan hiburan
Sub tema: waktu tontonan, jadwal acara televisi, bioskop, dan lainnya.

Kelompok SMP

Aprisal/Lukman Tri Surya Tema: matematika di lingkungan kita
Sub tema: sampah, banjir, penyakit, dan lainnya.
Sri Ratna Dewi/ Nurbaya Tema: matematika yang melibatkan makanan
Sub tema: menu makanan pesta, timbangan, berat bersih makanan kemasan, dan lainnya.
Dian Nugraha/Fitriani Tema: matematika di tempat kerja/sekolah
Sub tema: CPNS dan PNS, siswa atau mahasiswa baru, proporsi sekolah di Indonesia, dan lainnya.
Ainun Mardiah/Irma Zulfadianti Tema: membuat desain
Sub tema: pola batik, desain rumah adat, desain mobil, dan lainnya
Amrullah/Didi Riyadi Tema: matematika yang melibatkan olahraga
Sub tema: atletik, lapangan bola, bola, dan lainnya.
Hastuty Trisnawaty/Andi Marshanawiah Tema: matematika dalam masyarakat/tempat umum
Sub tema: pasar, jalanan umum, perumahan, dan lainnya.
Fitriani Hafid/Ina Aprianti Tema: kerajinan tangan
Sub tema: kain sutra, rumah adat toraja, batik, tikar, dan lainnya.
Muh. Irsan/Muh. Syawal Tema: pariwisata dan keramahan
Sub tema: turis, pelayanan prima, perhotelan, dan lainnya.
Nur Zakyah/Sukmawati Tema: Matematika yang melibatkan transportasi
Sub tema: taksi, pete-pete, motor, dan lainnya.
Azlan Andaru/Zaiful Nur Tema: Matematika yang melibatkan objek wisata
Sub tema: kupu-kupu maros, benteng somba opu, benteng rotterdam,pantai losari dan lainnya.
Nidaul Khaer/Nurlaeli Jumria Tema: Matematika yang melibatkan geografi
Sub tema: jumlah penduduk, daerah bukit, daerah lembah, dan lainnya.
Sysliawati/Waru Subuh Tema: Matematika yang melibatkan iklim
Sub tema: waktu cocok tanam, masa panen, masa paceklik, dan lainnya.
Nur Rizky JK/Asbar Tema: Matematika yang melibatkan hiburan
Sub tema: waktu tontonan, jadwal acara televisi, bioskop, dan lainnya.

Seperti yang anda ketahui dari beberapa tema di atas dilengkapi pula dengan subtema untuk memberikan gambaran secara spesifik dan lebih mendalam tentang apa yang akan mahasiswa dapat kemukakan sesuai dengan target yang ditetapkan dan tujuan yang diharapkan. walaupun begitu, kekurangan yang terdapat di dalamnya menjadi bagian yang perlu perbaikan melalui saran, kritik, dan ide yang membangun untuk dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi. Untuk itu, kami sangat mengharapkan bagi pembaca untuk dapat memasukkan komentar-komentarnya pada bagian di bawah postingan ini. Terimakasih!

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes