Problem Pendidikan Matematika

Salah satu tantangan dalam perkembangan pendidikan matematika adalah signifikansi peningkatan hasil belajar matematika. Karena aspek yang satu ini menjadi muara dari apapun kegiatan pendidikan matematika saat ini. Untuk itu, guru bukan hanya harus tahu menuliskan angka untuk setiap kemampuan siswa dalam mempelajari materi pelajaran matematika, tetapi juga harus mengetahui bagaimana mengubah angka tersebut dengan suatu proses pembelajaran yang meyakinkan.

Problem pendidikan matematika merupakan salah satu matakuliah yang wajib diprogramkan oleh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Pentingnya mengambil matakuliah bagi mahasiswa di Jurusan Matematika, khususnya prodi pendidikan matematika, adalah pengembangan pengetahuan tentang berbagai masalah yang dapat mereka temukan baik di lapangan terkait dengan pendidikan matematika, maupun dalam berbagai fakta dan informasi yang tersaji dalam media cetak atau elektronik (seperti internet).

Blog ini akan mengulas target yang diharapkan dapat dicapai dengan berbagai aktivitas bersama tugas yang diberikan selama kegiatan perkuliahan. secara umum, target perkuliahan ini adalah agar mahasiswa yang memprogramkannya dapat mengetahui jenis masalah dalam pendidikan matematika. Secara khusus, mahasiswa yang diarahkan dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan aktif nantinya dapat memenuhi tujuan pembelajaran sebagai berikut:

1. Mahasiswa dapat mengkaji isu yang berkembang saat ini, misalnya pengembangan kurikulum 2013.

2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai topik penelitian yang diambil dan dikembangkan dalam kegiatan penelitian di Jurusan Matematika. Adapun informasi yang akan diidentifikasi tersaji ke dalam FORMAT IDENTIFIKASI TOPIK PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, kemudian hasilnya dirangkum ke dalam HASIL IDENTIFIKASI TOPIK PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

3. Mahasiswa dapat mengeksplorasi contoh implementasi model, pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran. Komponen yang ditinjau dapat dilihat dalam FORMAT IDENTIFIKASI PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

4. Mahasiswa dapat mengkaji pengajaran tematik-integrasi untuk matematika yang dapat diterapkan pada tingkat sekolah dasar dan tingkat sekolah menengah pertama. Sebagai contoh, dalam silabus yang disusun oleh Secondary Schools Board NSW (1983) dikemukakan bahwa penggunaan tema bersifat pilihan. Materi pelajaran standar memuat delapan tema dan sepuluh topik. Tema-tema tersebut meliputi: (a) matematika di lingkungan kita, (b) matematika yang melibatkan makanan, (c) matematika di tempat kerja, (d) membuat desain, (e) matematika yang melibatkan olahraga, dan (e) matematika dalam masyarakat, (f) kerajinan tangan, (g) pariwisata dan keramahan, (h) Matematika yang melibatkan transportasi, (i) Matematika yang melibatkan objek wisata, (j) Matematika yang melibatkan geografi, (k) Matematika yang melibatkan iklim, dan (l) Matematika yang melibatkan hiburan. Sebagai bahan referensi, artikel berikut dapat diperoleh dari handalbobis dan sebagai pedoman tentang tema-tema di atas dapat dilihat pada math910std_syl. Untuk kegiatan yang berkaitan dengan topik problematika ini, mahasiswa diharapkan dalam mengkonstruksi ide-ide mereka dapat mengikuti komponen-komponen yang diajukan dalam Panduan Kegiatan Pengajaran Tematik untuk Mata Pelajaran Matematika.

Adapun pembagian tema untuk setiap kelompok disajikan ke dalam tabel di bawah ini:

Kelompok SD

Imam Rahmanto/Yohanis Ma”din Tema: matematika di lingkungan kita
Sub tema: sampah, banjir, penyakit, dan lainnya.
Sri wahyuni Sam/Nurhidayah Tema: matematika yang melibatkan makanan
Sub tema: menu makanan pesta, timbangan, berat bersih makanan kemasan, dan lainnya.
Reski cahyani/sri Nurrahmana Tema: matematika di tempat kerja/sekolah
Sub tema: CPNS dan PNS, siswa atau mahasiswa baru, proporsi sekolah di Indonesia, dan lainnya.
Khaerunnisa & Musfirah Ansar Tema: membuat desain
Sub tema: pola batik, desain rumah adat, desain mobil, dan lainnya
Syarifah Ariasnury A./Santriani Tema: matematika yang melibatkan olahraga
Sub tema: atletik, lapangan bola, bola, dan lainnya.
Rahmadani dan Faradillah Rachmadani M. Nur Tema: matematika dalam masyarakat/tempat umum
Sub tema: pasar, jalanan umum, perumahan, dan lainnya.
Suaib/Roslindasari Tema: kerajinan tangan
Sub tema: kain sutra, rumah adat toraja, batik, tikar, dan lainnya.
Astniwaty Anwar/Ifa Suriana Faisal Tema: pariwisata dan keramahan
Sub tema: turis, pelayanan prima, perhotelan, dan lainnya.
Nursyahdani/Jumria Anwar Tema: Matematika yang melibatkan transportasi
Sub tema: taksi, pete-pete, motor, dan lainnya.
Sri Wilyana/Fitria Pratiwi Putri Tema: Matematika yang melibatkan objek wisata
Sub tema: kupu-kupu maros, benteng somba opu, benteng rotterdam,pantai losari dan lainnya.
Andi Nurani/Rita Nanda Nurlaela Tema: Matematika yang melibatkan geografi
Sub tema: jumlah penduduk, daerah bukit, daerah lembah, dan lainnya.
Rizky Alimuddin/Hendry Soevandi Tema: Matematika yang melibatkan iklim
Sub tema: waktu cocok tanam, masa panen, masa paceklik, dan lainnya.
Rizki Pratiwi Robi Amriani Tema: Matematika yang melibatkan hiburan
Sub tema: waktu tontonan, jadwal acara televisi, bioskop, dan lainnya.

Kelompok SMP

Aprisal/Lukman Tri Surya Tema: matematika di lingkungan kita
Sub tema: sampah, banjir, penyakit, dan lainnya.
Sri Ratna Dewi/ Nurbaya Tema: matematika yang melibatkan makanan
Sub tema: menu makanan pesta, timbangan, berat bersih makanan kemasan, dan lainnya.
Dian Nugraha/Fitriani Tema: matematika di tempat kerja/sekolah
Sub tema: CPNS dan PNS, siswa atau mahasiswa baru, proporsi sekolah di Indonesia, dan lainnya.
Ainun Mardiah/Irma Zulfadianti Tema: membuat desain
Sub tema: pola batik, desain rumah adat, desain mobil, dan lainnya
Amrullah/Didi Riyadi Tema: matematika yang melibatkan olahraga
Sub tema: atletik, lapangan bola, bola, dan lainnya.
Hastuty Trisnawaty/Andi Marshanawiah Tema: matematika dalam masyarakat/tempat umum
Sub tema: pasar, jalanan umum, perumahan, dan lainnya.
Fitriani Hafid/Ina Aprianti Tema: kerajinan tangan
Sub tema: kain sutra, rumah adat toraja, batik, tikar, dan lainnya.
Muh. Irsan/Muh. Syawal Tema: pariwisata dan keramahan
Sub tema: turis, pelayanan prima, perhotelan, dan lainnya.
Nur Zakyah/Sukmawati Tema: Matematika yang melibatkan transportasi
Sub tema: taksi, pete-pete, motor, dan lainnya.
Azlan Andaru/Zaiful Nur Tema: Matematika yang melibatkan objek wisata
Sub tema: kupu-kupu maros, benteng somba opu, benteng rotterdam,pantai losari dan lainnya.
Nidaul Khaer/Nurlaeli Jumria Tema: Matematika yang melibatkan geografi
Sub tema: jumlah penduduk, daerah bukit, daerah lembah, dan lainnya.
Sysliawati/Waru Subuh Tema: Matematika yang melibatkan iklim
Sub tema: waktu cocok tanam, masa panen, masa paceklik, dan lainnya.
Nur Rizky JK/Asbar Tema: Matematika yang melibatkan hiburan
Sub tema: waktu tontonan, jadwal acara televisi, bioskop, dan lainnya.

5. Mahasiswa dapat melakukan ujicoba soal dan membuat laporan dari hasil ujicoba, serta mempresentasikannya di depan peserta lain. Untuk memudahkan dalam penyusunan tugas ini, laporan dibuat berdasarkan FORMAT LAPORAN HASIL UJI COBA SOAL MATEMATIKA

6. Mahasiswa dapat menyusun suatu modul berbasis konteks pada tingkat SMP, SMA dengan mencantumkan komponen diantaranya:

Bab I. Pendahuluan

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

  1. Standar Kompetensi
  2. Kompetensi Dasar
  3. Deskripsi Pembelajaran

Catatan: Untuk standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat disesuaikan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan yang saat ini digunakan. Sementara untuk deskripsi pembelajaran, misalnya:

B. Kegiatan Belajar 1-8

C. Prasyarat

D. Petunjuk Penggunaan Modul

  1. Penjelasan untuk Siswa
  2. Penjelasan untuk Guru
  3. Tujuan Akhir Belajar

Bab II. Rencana Belajar dan Peta Konsep

A. Rencana Belajar Siswa

  1. Peta Konsep …………..
  2. Glosarium

Bab III. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar 1. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 2. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 3. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 4. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 5. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 6. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 7. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 8. ……………………………………..

Bab IV. Penutup

  1. Rangkuman …………………………………………………………..
  2. Evaluasi ………………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………

Petunjuk: Komponen di atas dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

7. Mahasiswa dapat mempromosikan hasil karya mereka dalam kegiatan demonstrasi, kegiatan ini akan dilakukan pada akhir kegiatan perkuliahan, setiap kelompok akan mempresentasikan modul pembelajaran matematika yang dibuat di kelas.

Semoga bermanfaat dan sukses (Nas)

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes