Juallah Diri Anda

Jika anda membaca judul tersebut, mungkin sebagian pikiran anda akan berkonotasi ke arah “negatif” (hehe..). Tapi tenang, tulisan ini hanya akan menjelaskan pentingnya Menjual Diri dalam hal yang “positif”. Menjual diri mempunyai makna bahwa anda harus dapat “memasarkan” kemampuan atau kompetensi diri yang anda miliki kepada pihak lain (pihak lain disini bisa berupa individu maupun perusahaan).

Kemampuan/komputensi diri itu tidak lahir dengan sendirinya, tapi melalui proses yang memakan waktu, tenaga, pikiran bahkan materi. Sebagai contoh jika anda ingin mahir dalam hal jaringan komputer, maka anda harus mempunyai pengetahuan komputer dan bagaimana sehingga komputer itu bisa terhubung satu dengan lainnya. Disamping itu perlu juga diketahui hardware dan software yang digunakan dan bagaimana mengkonfigurasinya. Dan yang tidak kalah pentingnya mempraktekkannya secara langsung, mula-mula dalam jaringan kecil hingga ke jaringan besar, me-maintance dan mengamankan jaringan komputer anda, dst. Jika anda telah memahami dengan baik langkah-langkah yang harus dilakukan tersebut, maka bisa dikatakan bahwa anda mempunyai kemampuan/kompetensi pada jaringan komputer.

Jika anda telah memiliki kompetensi yang dapat dijual,maka pertanyaannya adalah bagaimana cara menjualnya?

Untuk menjual (kompetensi) diri dapat anda lakukan dengan cara: Pertama, membuat riwayat hidup yang berisi semua pengalaman dan wawasan yang telah anda jalani selama ini, istilah kerennya “track record“, baik secara offline (diprint dikertas) maupun secara online (dipublikasikan lewat internet). Jadi juallah pengalaman dan wawasan anda, baik itu pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman penelitian, proyek yang pernah dilakukan, kemampuan bahasa asing, komputer dst. Untuk lebih meyakinkan anda juga dapat minta referensi kepada orang yang betul-betul mengenal anda (seperti pimpinan perusahaan, pimpinan proyek atau relasi yang kredibel). Jika anda sarjana dan belum memiliki pekerjaan, referensi dapat anda peroleh sama pembimbing skripsi atau senior anda yang telah sukses. Intinya, agar orang lain memberi referensi bagus tentang anda, selalu lakukan 10 11 (sepuluh sebelas) artinya, jika orang menghargai anda 10, maka anda harus menghargai orang itu 11, sehingga ada nilai yang selalu dilihat oleh orang tersebut dan juga selalu jujur, karena inilah modal utama untuk dipercaya oleh yang lain.

Kedua, memperbanyak teman, relasi dan sahabat dan jangan lupa buat mereka semua mengetahui kompetensi yang anda miliki, sehingga mereka dapat menjadi tenaga marketing anda (tentunya tanpa bayaran).

Kesimpulan, coba anda lihat bagaimana kompetensi yang telah anda raih selama ini, apakah sudah bisa memudahkan anda “memasarkan” diri anda dengan cepat? Jika belum, maka berusahalah meningkatkan kompetensi atau membuat kompetensi lain yang relevan sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan.

Terakhir, Selamat Berjualan…

This entry was posted in Inspirasi, Motivasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *