Kompetensi Dasar Pencari Kerja

Setiap tahun banyak orang diwisuda dan setiap tahun pula jumlah pengangguran bertambah dan bertambah. Mereka tidak bisa diserap 100%. Bersyukurlah jika Anda telah melewati ketatnya persaingan mencari kerja. Jika anda masih mencari kerja, anda bisa diibaratkan seperti pedagang yang berusaha menjual barang dagangan sesegera mungkin dengan keuntungan besar. Tapi pada kenyataannya hal itu tidak semudah yang anda bayangkan.

Contohnya yaitu jika dagangan (kompetensi diri) anda itu banyak yang memperdagangkannya. Misalnya jika anda hanya ijazah S1 saja tanpa nilai tambah, maka bersiaplah untuk berdesak-desakan dengan ratusan, ribuan bahkan mungkin jutaan pedagang S1 lainnya dalam mencari kerja .

Bagaimana caranya supaya diterima kerja? Sebetulnya pertanyaan ini bisa dijawab jika anda sering membaca koran, mengapa? Karena pada hari tertentu, koran akan banyak dipenuhi dengan iklan lowongan kerja, baik dari perusahaan yang sudah “bonafit” maupun yang “tidakfit”. Disana, anda bisa melihat persyaratan yang diberikan. Saran saya rangkumlah kemudian simpulkan persyaratan apa yang paling dominan diinginkan para pemberi kerja tersebut. Persyaratan itulah merupakan kompetensi dasar yang harus anda miliki disamping kompetensi lainnya.

Disamping IPK yang memang harus bagus (itu menjadi tanggung jawab anda), secara umum mereka juga menginginkan adanya pengalaman kerja, kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan komputer.

Bagi yang telah memiliki pengalaman kerja, tentunya bukan merupakan sesuatu yang sulit untuk mendapatkan posisi baru atau jabatan baru diperusahaan pencari kerja. Lantas bagaimana yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali? Saran saya cobalah untuk magang dahulu, hitung-hitung cari pengalaman kerja. Usahakan magang ini anda mulai sejak masih duduk dibangku kuliah. Jangan terlalu mengharapkan imbalan karena yang anda kejar selain pengalaman lapangan juga referensi yang baik dari pimpinan perusahaan. Untuk kemampuan Bahasa Inggris dan Komputer, anda bisa dapatkan dengan cara mengikuti kursus atau dapat juga dengan belajar sendiri.

This entry was posted in Inspirasi, Motivasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>