Pengguna Internet di Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk besar dimana saat ini sudah lebih dari 200 juta jiwa. Akan tetapi pengguna internetnya baru sekirar 25 juta,ini berarti hanya sekitar 8% saja. Ini sangat memperihatinkan karena negara sebesar China saja yang jumlah penduduknya sekitar 1,3 milyar jiwa lebih, pengguna internetnya bisa mencapai 26% atau sekitar 360 juta. Disamping itu penduduk Indonesia sekitar 40% orang berada diluar pulau jawa dan 80% hidup dipedesaan.

Kenyataan ini bahwa pemerintah masih harus menyediakan banyak infrastruktur telekomunikasi untuk men”digital”kan masyarakatnya. Salah satu solusi adalah teknologi wireless broadband. Teknologi wireless dapat menekan biaya investasi jaringan telekomunikasi. Pemerintah Indonesia telah menyadari hal ini dan baru-baru ini telah melaksanakan tender teknologi Wimax di frekuensi 2,3 dan 3,3 GHz.  Teknologi Wimax memungkinkan akses melalui peralatan portabel, seperti laptop, PDA dan telepon genggam. Selain itu Wimax seperti jalan tol yang dapat memuat berbagai program dan aplikasi yang ada untuk disampaikan kepada pengguna dengan kualitas yang tinggi dan efisien.

Jika Wimax ini dapat diimplementasikan hingga kepedesaan maka masyarakat desa akan merasakan lompatan teknologi yang signifikan karena mereka sudah bisa mengakses internet selain suara untuk berkomunikasi. Semoga kedepan biaya internet akan semakin mudah dan semakin mudah didapatkan.

This entry was posted in Pengetahuan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>