Nokia Life Tools, ide yang sederhana namun brilian

Apakah pernah anda melihat beberapa konten provider selalu menggunakan SMS sebagai alat mencari keuntungan. Hal ini rupanya juga dilakukan oleh perusahaan Nokia dengan Nokia Life Tools (NLT). NLT merupakan layanan berbasis SMS mengenai agrikultur (pertanian), edukasi (pendidikan), dan hiburan. Jadi, dengan sistem SMS berlangganan (tentunya non premium), diharapkan masyarakat di daerah terpencil bisa mendapatkan informasi mengenai harga jual hasil panen (untuk agrikultur) atau mereka yang ingin belajar bahasa Inggris, misalnya, dapat melakukannya dengan lebih nyaman, mengingat layanan SMS memang jauh lebih konsisten dibanding koneksi lainnya (GPRS).

Indonesia adalah pasar pertama di Asia Tenggara untuk NLT, dengan cakupan bidang Agriculture, Education, Entertainment. Fungsi utama agrikultur atau pertanian pada NLT adalah memberikan informasi untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan dalam mengaksesnya NLT mengandalkan kode pos pengguna, sehingga informasiyang diberikan dapat lebih spesifik.

Dalam penyediaan konten, Nokia bekerjasama dengan pihak ketiga seperti BMG, Departemen Pendidikan, Departemen Pertanian, detik.com, Grasindo, ELTI, serta para operator (sementara ini baru empat operator yaitu Telkomsel, Indosat, XL, dan 3) untuk menyediakan layanan tersebut.

Untuk berlangganan NLT, pengguna dibebani biaya Rp 1000 per hari atau sekitar Rp 30,000 per bulan. Dalam satu hari, berapa pun jumlah SMS yang diterima, biaya yang dikenakan tetap sama. Jumlah SMS itu sendiri amat ditentukan dengan ketersediaan update data yang dihimpun dari sumber-sumber terpercaya tersebut.

This entry was posted in Inspirasi, Pengetahuan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>